Komedian Mandra ikut mengabarkan kepergian adiknya, Omas, di laman Instagramnya, Kamis (16/7/2020). Mandra tampak memposting foto semasa hidup almarhum. Ia juga memposting foto almarhum terakhir saat tengah dikelilingi oleh keluarga.

Tampak di foto itu, Omas sedang berbaring di atas kasur di tengah rumahnya. Ia tampak dikelilingi oleh keluarga yang duduk di sekelilingnya. Tak diketahui apakah pada foto itu Omas sudah meninggal dunia atau belum.

Namun terlihat ia masih mengenakan selimut. "Inalillahi wainalillahirojiun.. Telah pulang ke Rahmatullah..

Hj Omas Wati.. Semoga Husnul khatimah.. #rip #senimanbetawi," tulis Mandra melalui akun @mandra_sidoelanaksekolahan.

Diberitakan sebelumnya, kabar duka kembali menyelimuti dunia hiburan Tanah Air. Komedian Omaswati meninggal dunia pada Kamis ini (16/7/2020). Kabar meninggalnya Omaswati dibenarkan oleh manajer Mandra, Nani.

“Iya benar meninggal,” kata Nani kepada Kompas.con melalui sambungan telepon, Kamis. Terkait penyebab meninggalnya Omaswati, Nani belum mengetahuinya. Dia hanya menyampaikan bahwa Omas memang telah lama sakit dan dirawat di rumah sakit.

“Kalau sakitnya kurang tahu, memang sudah lama sakit,” ujar Nani. Saat ini, jenazah Omaswati tengah disemayamkan di rumah. Sayang terkait kapan meninggalnya Omaswati tak diketahui secara pasti oleh Nani. “(Jenazah) masih di rumah, meninggalnya saya kurang tahu jam berapa,” ucap Nani.

Dilansir dari Wikipedia, ia mengawali karier dengan bermain kesenian tradisional Betawi , yaitu Lenong. Ia tampil di televisi sebagai pemeran dalam beberapa sinetron. Ia juga bermain dalam beberapa acara lawak di televisi. Lawakannya memang asli dan amat lucu, kalau dia bicara ceplas ceplos.

Omas menghembuskan nafas terakhir pada tanggal 16 Juli 2020. Omas meninggalkan tiga anak, Muhammad Rizky Dioambiah, Dinda Olivia, dan Dimas Aji Septian. Komedian Mastur mengatakan bahwa kakaknya, mendiang Omaswati, sudah lama mengidap penyakit paru paru.

Akan tetapi, Mastur tidak menjelaskan secara detail kapan komedian Omaswati mulai sakit. “Sakit sudah lama, ya kata dokter sih (sakit) paru paru,” kata Mastur kepada Kompas.com via telepon, Kamis (16/7/2020). Sementara itu, keponakan Omaswati, Erni, juga menyampaikan bahwa mendiang juga mengidap penyakit diabetes.

“Iya sakit gula,” ujar Erni singkat. Saat ini, jenazah komedian senior Omas disemayamkan di rumah duka kawasan Depok, Jawa Barat. Dari informasi yang didapat, pelawak Omas meninggal dunia sekitar pukul 19.30 WIB.

Hingga kini, Kompas.com masih mencari informasi kapan mendiang Omas akan dikebumikan. Omas lahir di Jakarta pada 3 Mei 1966. Keluarganya merupakan para komedian. Kakak Omas adalah Mandra, sedangkan adiknya adalah Mastur. Sepanjang kariernnya, Omas kerap melanglang buana diberbagai kesenian tradisional Betawi seperti Lenong.

Omas juga kerap tampil di layar kaca dengan memerankan sejumlah karakter. Sinetron yang pernah dimainkannya adalah Jodoh Apa Bodoh, Matahariku, Cinta Fitri, hingga Fatih di Kampung Jawara.