Sfingter esofagus merupakan bagian penting di dalam saluran pencernaan yang berperan untuk menjaga agar makanan yang sudah masuk kedalam lambung nantinya tidak akan naik lagi ke permukaan, termasuk juga mencegah kenaikan cairan yang ada dalam lambung. Hanya saja beberapa kondisi kerap kali memicu sfingter ini menjadi lemah sehingga menyebabkan asam lambung naik hingga kerongkongan. Sehingga kemudian memicu rasa panas dan tidak nyaman pada kerongkongan bahkan juga tak jarang mual hingga muntah.

 

Sebenarnya ada banyak sekali hal yang dapat menyebabkan sfingter ini menjadi lemah. Diantaranya adalah obesitas atau berat badan berlebih. Timbunan lemak yang terlalu banyak di bagian perut memang besar kemungkinan akan melemahkan otot pada kerongkongan bagian bawah. Sehingga sangat dianjurkan bagi mereka yang gemuk untuk menjalani program diet sehat untuk menurunkan berat badan agar bisa ideal. Tak hanya itu pola makan yang salah juga dapat memicu peningkatan asam lambung tersebut.

 

Hati-hati meskipun pada dasarnya enak, namun ternyata beberapa jenis makanan ini bisa memicu asam lambung naik dengan cepat, yaitu:

 

  1. Gorengan, hidangan yang satu ini memang selalu menggugah selera, apalagi apapun yang digoreng rasanya memang akan lebih gurih dibandingkan dengan makanan yang sekedar direbus. Hanya saja patut untuk diketahui bahwa memang kandungan lemak yang terdapat didalam gorengan ini tinggi. sehingga hal tersebut bisa melemahkan sfingter esofagus kemudian memicu naiknya asam lambung.
  2. Susu dan olahannya, produk yang berasal dari susu memang memiliki rasa yang nikmat, baik itu susu segar maupun es krim, keju hingga krim. Namun ternyata konsumsinya berlebihan juga kurang baik bagi kesehatan, apalagi yang pada dasarnya sudah memiliki permasalahan dengan kondisi lambung. Karena memang bisa menyebabkan munculnya gejala GERD. Belum lagi bagi anak-anak yang memiliki intoleransi terhadap susu sapi.
  3. Cokelat, konsumsi cokelat bagi sebagian orang memang termasuk dalam mood booster, apalagi ketika sedang stres, ia akan membantu tubuh untuk memproduksi hormon yang bisa menciptakan rasa tenang dan juga rileks pada tubuh. Hanya saja konsumsi cokelat ternyata juga dapat mengendurkan otot pada bagian esofagus yang berdampak pada naiknya asam lambung.
  4. Buah-buahan yang asam, seperti diantaranya adalah nanas, buah tomat dan juga beragam jenis jeruk, nikmat dan segar dikonsumsi apalagi pada siang hari, namun sesuai dengan rasanya yang asam, ternyata buah yang satu ini kurang bagi penderita asam lambung. Karena dapat meningkatkan produksi asam lambung. Apalagi jika seandainya dikonsumsi sebelum Anda makan. Secara otomatis gejala penyakit tersebut juga akan langsung kambuh.
  5. Kopi, teh maupun soda, bagi sebagian orang minum-minuman ini sudah menjadi bagian dari hidup mereka, sehingga kurang lengkap rasanya jika tidak minum sehari saja. Namun ternyata kurang baik bagi lambung. Karena bisa menjadi pemicu naiknya asam lambung. Bahkan orang-orang yang sudah punya riwayat gangguan pada sistem pencernaan tersebut, tak jarang hanya sedikit meneguknya saja penyakit sudah langsung kambuh, bahkan lebih parah lagi disertai dengan diare.

 

Perhatikan dengan baik pola makan dan asupan makanan apa yang dikonsumsi, mengingat hal ini sangat berhubungan dengan kesehatan. Agar penyakit tersebut tidak kambuh memang penting sekali dalam memperhatikan apa yang Anda makan. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran dan imbangi juga dengan aktivitas olahraga secara cukup setiap harinya.

 

Referensi:

 

Healthline. Chronic Gastritis. Diakses pada 2021.

Emedicine. Chronic Gastritis. Diakses pada 2021.

Ada. What is Chronic Gastritis. Diakses pada 2021.

Promag. Tips Atasi Asam Lambung. Diakses pada 2021.

Mayoclinic. Gastritis. Diakses pada 2021.