Tahukah Anda? Menggunakan media sosial Facebook untuk menjalankan bisnis tanpa memperhatikan cara analisisnya, akan membuat Page Anda sulit dikenali. Karenanya, Anda perlu menggunakan fitur Facebook Analytics agar dapat membantu Anda mengetahui kinerja bisnis. Berikut caranya:
- Mengukur Keterlibatan
Mengukur keterlibatan dapat membantu Anda mengetahui jumlah orang yang merespon, membagikan, klik, hingga mengomentari postingan Page Anda.
Untuk menggunakannya, klik ‘Insights’ di bagian atas Page, klik Posts dan arahkan pada All Posts dan pilih tanda panah di sebelah kanan ‘Post Click/Reactions, Comments & Share’. Silakan pilih ‘Engagement Rate’.
- Jumlah Likes
Jumlah likes juga dapat mengukur pencapaian Facebook. Untuk mengakses tab ’Likes’ pilih di bagian atas Page, klik ‘Overview’ dan ‘Reach’.
Maka akan muncul grafik rentang tanggal untuk melihat kinerja Page, dan grafik di bawahnya menampilkan total Likes dari semua sumber, seperti iklan, Pages, pencarian, dan lainnya.
- Jumlah Kunjungan
Mengetahui jumlah kunjungan Facebook Analytics ini dapat membantu Anda menganalisa apa yang disukai oleh orang-orang dari Pages Anda, apa yang populer, dan bagaimana mereka dapat masuk ke Pages Anda.
- Posts
Di samping tab ‘Visits’, Anda akan menemukan tab ‘Posts’ yang berguna untuk membantu Anda memahami jenis konten disukai pengunjung dan membuat konten yang sesuai.
Jika Anda tidak mau repot, Anda bisa memanfaatkan jasa Facebook Analytics yang akan membantu Anda melakukan Analytics di Page bisnis Anda dengan akurat. Semoga bermanfaat.