Connect with us

Kota Tangerang

Tumbuhkan Minat Baca Anak, Pemkot Luncurkan Pojok Baca di Sekolah

Published

on

TANGERANG, MO – Salah satu upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan dalam mewujudkan budaya baca adalah dengan melakukan pembinaan minat baca pada siswa didik yang dilakukan di sekolah sekolah Kota Tangerang.

Pojok Baca diyakini sebagai salah satu teknis pembinaan minat baca pada anak, berlokasi di Sekolah Dasar Negeri Periuk Jaya Permai Kecamatan Periuk, Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah didampingi Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin dan Sekretaris Daerah Herman Suwarman secara resmi meluncurkan pojok baca  pada Jumat, (14/2/2020).

“Ini menjadi salah satu bukti nyata komitmen pemerintah kota Tangerang dalam upaya  menumbuhkan minat baca pada anak,” ujar Wali Kota Tangerang.

“Dengan meluncurkan 64 pojok baca yang tersebar di seluruh kecamatan se Kota Tangerang saya memiliki harapan besar, semoga budaya literasi bisa tertanam kuat pada siswa kita,” sambung Arief.

Selain resmikan pojok baca, Arief juga resmikan 50 laboratorium Komputer untuk tingkat sekolah dasar.

“Kita juga ga boleh ketinggalan dengan perkembangan zaman, kalau dulu yang punya laboratorium komputer itu sekolah menengah pertama, sekarang dari sekolah dasar sudah harus punya,”

“Laboratoriumnya sudah paket lengkap, dari meja kursi, hingga jaringan internet nya juga sudah disediakan. Jangan batasi kreatifitas anak kita, arahkan saja agar mereka bisa menjadi anak anak yang memiliki kreatifitas yang  mumpuni,” imbuh Arief.

Pada kesempatan yang sama, bekerjasama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Arief sampaikan secara simbolis bantuan berupa alat tulis dan sekolah kepada siswa dan sembako pada guru terdampak banjir di beberapa lokasi pada awal bulan Januari dan Perbruari lalu.

“Ratusan siswa dan guru telah menerima bantuan berupa alat tulis dan sekolah serta sembako. Semoga bantuan yang diterima bermanfaat dan berkah untuk kita semua,” tutup Arief.(BS)

Kota Tangerang

Dinkes Kota Tangerang Gandeng PMI Gelar Pelatihan Dokter Cilik

Published

on

TANGERANG, MO – Puskesmas Kunciran bekerja sama dengan PMI Kota Tangerang menggelar pelatihan dokter kecil bagi sejumlah pelajar Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Senin, 17/02/2020.

“Pelatihan dokter kecil ini, salah satu program kerja yang ada di Dinas Kesehatan dan bertujuan untuk melatih siswa agar bisa menjadi dokter kecil di sekolah mereka, sehingga siswa tersebut bisa menangani insiden kecil yang terjadi di sekolah,” kata Rahmawati, selaku Koordinator Dokcil PMI Kota Tangerang.

Dijelaskannya, dalam kegiatan yang digelar di kantor Kecamatan Pinang itu, PMI memberikan berbagai materi kepada para peserta pelatihan seperti patah tulang, pembalutan luka, luka lecet, serta pengangkatan korban pingsan.

“Materi-materi sederhana tersebut, kami harap dapat mengajarkan para peserta minimal dapat memberi pertolongan pertama pada kecelakaan-kecelakaan kecil yang dapat terjadi di lingkungan sekolah,” ujar Rahma.

PJ UKS Puskesmas Kunciran Baru, Silvi Septi, mengatakan, tujuan pelatihan Dokcil untuk pembinaan siswa di sekolah supaya bisa menjadi roll model bagi temen-temennya, dilingkungan sekitar kemudian menjadi cintoh yang baik dan juga untuk membatu jika ada hal-hal yang berkaitan kesehatan di sekolah peserta melakukan pertolongan pertama.  Pihaknya juga mengharapkan siswa dapat membantu temannya disaat terluka dan juga bisa mengajarkan teman-temannya dalam melakukan pertolongan.

Kami mengadakan kegiatan ini ada beberapa gelombang, saat ini gelombang pertama pada tanggal 17-18 yang di wakili oleh 8 sekolah yang ada di wilayah kunciran baru dengan jumlah siswa 75 peserta dan akan di lanjut pada gelombang kedua pada tanggal 24-25 Februari 2020.

Untuk itu, tidak hanya diberikan materi secara teori, dalam kesempatan tersebut PMI juga mengajak para peserta untuk melakukan praktek cara menggunakan masker, sarung tangan, pengangkatan korban dan menutup luka dengan benar.

“Jadi, pelatihan ini sekaligus memberikan praktek sehingga dapat langsung diterapkan di rumah maupun disosialisasikan kepada yang lainnya,” pungkasnya. (BS)

Continue Reading

Kota Tangerang

Aplikasi Tangerang LIVE Disambut Positif oleh Pelajar

Published

on

TANGERANG, MO – 800 siswa/i calon anggota paskibraka Sekolah Lanjut Tingkat Atas (SLTA) se- Kota Tangerang sangat antusias mengikuti sosialisasi aplikasi Tangerang LIVE di sela acara latihan gabungan Tahap Tiga Paskibraka yang dilaksanakan di halaman SMAN 2 Kota Tangerang, Minggu, (16/02).

Materi aplikasi Tangerang LIVE dipilih karena aplikasi ini merupakan aplikasi unggulan dari Pemerintah Kota Tangerang yang dapat digunakan oleh segala usia, termasuk anak sekolah.

“Mereka inikan nantinya akan menjadi wajah baru dari pembangunan kota dan sebagai agen informasi juga. Dan salah satu program yang memang menjadi andalan ya aplikasi ini jadi kita mau mereka tahu program apa yang diunggulkan di kotanya,” kata Fajar Suryono, Ketua PPI Kota Tangerang.

Dalam sosialisasi ini turut hadir pula Kepala Dinas Komiunikasi dan Informatika Kota Tangerang, Mulyani yang menyampaikan keuntungan jika pelajar menggunakan aplikasi Tangerang LIVE .

“Tadi kita kenalkan 16 layanan yang ada di aplikasi Tangerang LIVE yang memang bisa digunakan tidak hanya orang dewasa tetapi juga anak sekolah. Apalagi untuk pelajar kita telah sediakan fitur surat izin penelitian dari Badan Kesbangpol Kota Tangerang,” ujarnya.

Terkait registrasi yang wajib dilakukan bagi pengguna Tangerang LIVE Pemerintah Kota Tangerang juga telah memudahkannya dengan registrasi menggunakan nomor KIA.

“Merekakan belum punya KTP jadi untuk registrasi bisa menggunakan nomor KIA ataupun Kartu Keluarga,” pungkasnya.(BS)

Continue Reading

Kota Tangerang

Berbagai Komunitas Gelar Acara Meriahkan HUT Kota

Published

on

TANGERANG, MO – Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah didampingi Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin hadir dalam kegiatan Goes To Sehat yang diinisiasi oleh DPD KNPI Kota Tangerang bersama dengan Yayasan Amaryllis Kirana Berlokasi di Taman Prestasi, Kota Tangerang.

Sebanyak 500 peserta dari 52 komunitas ikut meramaikan kegiatan yang menjadi rangkaian kegiatan HUT Kota Tangerang ke 27 dan memperingati hari kanker anak sedunia. Arief mengajak para peserta agar lebih peduli terhadap pola hidup sehat.

“Mulai dari sekarang biasakan hidup bersih dengan menjaga lingkungan dan jangan lupa untuk berolahraga” ungkapnya.

Setelah itu, Walikota juga mengunjungi rumah singgah Yayasan Amaryllis Kirana untuk bertemu dengan anak – anak penderita kanker, Arief mengatakan agar para orang tua tetap memberikan semangat kepada anak-anaknya.

“Mudah-mudahan adik – adik tetap sabar dan semangat dalam menjalani kemoterapi. Yakin kalo kalian bisa sembuh,” ucapnya.

“Jangan lupa untuk berdoa, insyaallah kalo adik-adik berikhtiar pasti diberikan kesembuhan,” sambungnya.

Maka dari itu, Arief mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Amaryllis Kirana yang telah membantu dan merawat anak-anak pejuang kanker tersebut.

“Mudah-mudahan dengan penuh ketulusan dan dedikasi yang ibu dan bapak berikan menjadikan energi yang positif bagi anak-anak agar sehat kembali,” ungkapnya.

Selain Kegiatan Goes To Sehat, digelar juga Festival Burung Berkicau Piala Wali Kota Tangerang tingkat Nasional yang diikuti sebanyak 1000 peserta dari berbagai wilayah di Indonesia diantaranya Jawa Timur dan Jawa Tengah.

“Semoga kegiatan ini menjadi wadah tempat berkumpul dan bertukar informasi untuk para komunitas burung dari berbagai daerah,” ungkapnya.(BS)

Continue Reading

Trending