Connect with us

Nasional

Transportasi Massal Kereta Seharusnya Jadi Prioritas

Published

on

metaonline.id
Transportasi KA Bandara Soekarno-Hatta. (istimewa)

METAONLINE,- Operator layanan kereta (KA) Bandara Soekarno-Hatta, PT Railink memulai uji coba rute Bandara Soekarno-Hatta menuju Stasiun Bekasi pada Selasa (19/6) dan menetapkan empat jadwal keberangkatan dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Bandara Soekarno-Hatta dan sebaliknya.

Operasionalisasi perpanjangan rute layanan Kereta Bandara merupakan langkah positif yang harus didukung semua pihak.

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi mengingatkan, klaim layanan publik yang optimal tidak sekadar lips service semata.

“Publik sudah sepatutnya memperoleh layanan transportasi yang layak, nyaman, dan tepat waktu,” katanya.

Terobosan transportasi kereta menjadi salah satu faktor yang perlu diprioritaskan dalam mengatasi kemacetan Ibukota menuju Bandara Soekarno-Hatta saat ini.

Perjalanan menuju bandara yang berbatasan wilayahnya dengan Provinsi Banten acap membuat tumpulnya produktivitas masyarakat.

“Ini baru pada level pergeseran orang. Belum berkaitan dengan barang dan jasa,” ucapnya.

Terhambatnya perjalanan menuju Bandara Soekarno Hatta, juga bisa berdampak pada kemajuan ekonomi. Sebab persoalannya, orang-orang yang melintasi bandara umumnya melakukan aktivitas bisnis. **Baca juga: Menhub Tinjau Kondisi Arus Mudik di GT Cikarang Utama

Jika perjalanan menuju bandara saja sudah memicu stress, otomatis produktivitas dari bisnis yang mereka lakoni pun terganggu.

“Jadi sudah sepatutnya, ada terobosan seputar transportasi massal yang tepat guna. Salah satunya transportasi kereta ini,” katanya.

Dari segi kualitas alat tranportasi, Kereta Bandara dinilai sangat layak bagi kepentingan masyarakat. Kelayakan kualitas kereta tersebut mesti dipertahankan.

“Operator tidak boleh asal-asalan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Dikemukakan, sudah hal umum jika dalam masa uji coba, semua hal terkait operasionalisasi kereta bisa dibilang bagus. (Sir/bbs/net)

Ekonomi

Menteri PUPR Apresiasi ATI Inisiasi Program Revitalisasi Industri Jalan Tol Indonesia

Published

on

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono membuka FGD ATI, Jumat (5/12/2018).

JAKARTA, MO –  Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) selaku asosiasi yang mewadahi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Indonesia menggelar Forum Group Discussion untuk pertama kalinya dengan mengangkat tema “Revitalisasi Industri Jalan Tol: Menyongsong Konektivitas Trans Jawa dan Sumatera” di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jumat (5/12/2018). Acara ini juga bertujuan untuk menginisiasi program revitalisasi industri jalan tol di Indonesia agar menjamin keberlangsungan usaha dan manfaat infrastruktur jalan tol bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyempatkan membuka FGD dan menyematkan pin kepada pengurus ATI sebagai simbolisasi perkenalan dan pemberian selamat kepada pengurus ATI periode 2018-2023.

Basuki berharap ATI mampu menjadi mitra kerja Kementerian PUPR, sehingga bisa saling membantu dalam hal pengelolaan tol.

“Dengan adanya ATI, saya ingin memantapkan proses pengambilan keputusan terkait bisnis jalan tol. Terutama untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Karena mereka sudah bayar saat menggunakan tol, pasti mereka menuntut services yang lebih baik juga,” kata Basuki.

Selain itu, sebagai pemateri acara ini, ATI menghadirkan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, Perwakilan Dirjen Perhubungan Darat, Perwakilan Korlantas Polri, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ, dan perwakilan BUJT yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Krist Ade Sudiyono.

Menanggapi kegaiatan ini, Sekjen ATI Krist Ade Sudiyono mengatakan, penyelenggaraan FGD merupakan rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Asosiasi Jalan Tol Indonesia. Hasil dari acara ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang baik bagi perkembangan industri jalan tol nasional, khususnya pada program kemitraan strategis antara pemerintah dan badan usaha, dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas layanan jalan tol di Indonesia.

“Sebagai asosiasi professional yang mewadahi 56 BUJT di Indonesia, keberadaan ATI juga diharapkan dapat ikut bersinergi dalam upaya meningkatkan profesionalisme penyelenggaraan usaha jalan tol bagi masyarakat, serta meningkatkan peran serta seluruh anggota menjadi bagian dari stakeholder pembangunan Indonesia,” ungkap Krist. (fi)

Continue Reading

Nasional

Silatnas KNPI 2018 Hasilkan Empat Rekomendasi

Published

on

Ketua KNPI Kota Tangerang, Uis Adi Darmawan (paling kiri) bersama sejumlah ketua KNPI Kota/Kabupaten pada Silatnas KNPI Bogor, Selasa (4/12/2018).

BOGOR, MO – Ajang Silaturahmi Nasional (Silatnas) Pemuda/KNPI 2018 di Bogor, Jawa Barat resmi ditutup, Selasa (4/12/2018). Silaturahmi yang dihadiri ratusan Ketua KNPI Kota/Kabupaten se Indonesia ini enghasilkan empat kesepakatan.

“Alhamdulillah silatnas 2018 di Bogor berjalan lancar dan diikuti sekitar 300 Ketua KNPI Kota/Kabupaten,” ujar Asnawi, Sekretaris SC, Rabu (5/12/2018).

Selain silaturahmi, lanjut dia, Silatnas 2018 ini juga menghasilkan beberapa poin rekomendasi.

Pertama, sambung Asnawi, kegiatan Silatnas Pemuda/KNPI Kota dan Kabupaten ini agar dimasukan kedalam rekomendasi kongres KNPI XV di Aceh dan dijadikan kegiatan wajib oleh DPP KNPI setiap tahun.

“Kedua, sangat penting kongres KNPI ke XV merekomendasikan kepada pemerintah untuk melakukan revisi terhadap Undang-Undang nomor 40 tahun 2009 tentang Kepemudaan,” tegas pria yang juga Ketua DPD KNPI Bireuen sekaligus salah seorang inisiator Silatnas.

Ia mengungkapkan, bahwa revisi undang-undang yang dimaksud agar dimasukkan dalam Prolegnas tahun 2019. Seluruh peserta Silatnas DPD KNPI Kota/Kabupaten sepakat untuk mengawal proses revisi undang-undang tersebut di atas.

Ketiga, lanjut Asnawi yang sering disapa Aboen, peserta silatnas mengusulkan kepada kongres KNPI ke XV agar memasukkan rekomendasi kepada Menteri Pemuda dan Olahraga untuk dapat menerbitkan peraturan Menteri Pemuda dan Olahraga tentang keberhimpunan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) serta Kemahasiswaan dan Pelajar dalam Komite Nasional Pemuda Indonesia sebagai wadah berhimpun yang secara resmi diakui oleh pemerintah.

“Terakhir kami mengusulkan kepada kongres KNPI ke XV untuk dapat merekomendasikan kepada Presiden Republik Indonesia untuk dapat mengambil Iangkah politik dan hukum dalam menyikapi dinamika keberhimpunan organisasi kepemudaan,” pungkasnya.

Pada akhirnya semoga Kongres Pemuda/KNPI di Aceh berjalan sukses seperti yang diharapkan. Kami para ketua KNPI Kota/Kabupaten siap mensukseskan kongres di Aceh. (uad)

Continue Reading

Nasional

Silatnas KNPI se-Indonesia Cetak Sejarah Baru

Published

on

Sejumlah peserta dari beberapa DPD menghadiri Silaturahmi Nasional di Kabupten Bogor, Minggu (2/12/2018).

BOGOR, MO – Silaturahmi Nasional Pemuda/KNPI se Indonesia resmi dibuka Minggu (2/12/2018) malam di Alun-alun Gumiati, Bogor Jawa Barat. Pertemuan yang dihadiri ratusan KNPI Kota/Kabupaten seluruh Provinsi ini pun berhasil mencetak sejarah pasca berdirinya KNPI 23 Juli 1973 silam.

Tuan rumah Silatnas yang juga Ketua KNPI Kabupaten Bogor, M. Burhani mengucapkan selamat datang kepada para pemimpin, para Ketua DPD KNPI Kota Kabupaten se Indonesia di Bogor Jawa Barat.

“Acara silaturahmi ini pertama kali digagas sejak berdiri KNPI. Saya berharap silaturahmi ini tidak hanya berhenti di Bogor tapi juga berlanjut ke daerah lainnya,” ucap Kang Burhan, sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, pertemuan Nasional ini juga tidak hanya sekadar silaturahmi saja tapi masing-masing daerah bisa membangun kerjasama dalam pembangunan di semua lini, khususnya bidang kepemudaan.

Ketua Panitia SC, Selvi Febriana mengungkapkan, silatnas KNPI ini berawal dari obrolan beberapa Ketua KNPI Kota/Kabuaten yang kemudian bersepakat untuk menggelar silaturahmi nasional.

“Kita persiapan hanya 3 bulan, banyak sekali rintangan bagaimana bisa mengumpulkan seluruh kota/kabupaten. Banyak juga pandangan negatif tapi semua terjawab bahwa darah kami merah putih masih ada,” tegasnya.

“Ini bukti kita masih satu bersaudara dan masih Indonesia. Kepada DPP KNPI kami hanya ingin kumpul, kami pemuda Indonesia. Jauh dari hari ini, saya bermimpi disaat saya menjabat ketua KNPI ingin ketemu saudara saya yang tinggal di daerah yang sama, cari makan yang sama, udara yang sama, lahir dari tanah yang sama yakni Indonesia,” tambah wanita yang juga Ketua KNPI Mamuju ini.

Bupati Bogor, Nurhayanti yang diwakili Asda 1, Yos Sudarso mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya silaturahmi nasional KNPI se Indonesia.

“Saya berharap teman teman KNPI bisa terus sinergi dengan pemerintah untuk meningkatkan kemanandirian pemuda,” tukasnya.

Turut hadir dalam acara ini yakni Forkompinda Kabupaten Bogor, DPP KNPI, DPD 1 Jawa Barat, para OKP, DPK KNPI se Kabupaten Bogor dan tamu undangan lainnya. (agr)

Continue Reading

Trending