Connect with us

Nasional

Namanya Masuk 10 Besar Calon Wakil Presiden 2019

Published

on

Gatot Nurmantyo. (istimewa)

Tokoh Populer 2017JAKARTA,MO– Jenderal TNI Gatot Nurmantyo cukup moncer di tahun 2017. Namanya sangat terkenal karena keakrabannya dengan berbagai kelompok yang ada di masyarakat. Ia bisa menenangkan pemimpin Islam yang sering lakukan aksi unjukrasa selama 2017.

Ia juga sering mendatangi kampus untuk berdialog dengan pemuda dan mahasiswa. Ia berikan pencerahan tentang ancaman masa depan bangsa termasuk soal kekuatan asing yang rebutan sumber daya alam dan pangan yang membuat dunia makin tidak nyaman ini. **Baca juga: Jokowi Membungkam Para Pengritik

Mendekati bulan September 2017, Jenderal kelahiran 13 Maret 1960 di Tegal, jawa Tengah ini juga pernah membuat sensasi yakni memerintahkan pemutaran G-30-S/PKI yang kemudian menimbulkan kontroversi itu. Nama Jenderal Gatot Nurmantyo melambung tinggi karena disebut-sebut akan jadi kandidat Capres 2019.

Namun ketenaran itu mendatangkan petaka baginya. Ia pensiun sebagai Panglima TNI lebih awal. Sejarah mencatat, Jenderal Gatot telah menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Marsekal Hadi Tjahjanto di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Sabtu (9/12/2017). Sejak hari itu, jabatan Panglima TNI telah berpindah ke tangan pria kelahiran Malang, Jatim itu.

“Pagi hari ini secara resmi saya berikan tongkat pimpinan TNI. Selamat menjalankan amanah yang tidak ringan namun mulia ini,” ujar Gatot Nurmantyo di hadapan para Kepala Staf TNI dan sejumlah Pati TNI.

Dengan selesainya tugas sebagai pemimpin tertinggi di jajaran militer ini Gatot Nurmantyo meminta restu untuk memulai kehidupan yang baru. “Saya mohon doa restu untuk memulai babak baru dalam kehidupan saya,” katanya.

Gatot meminta maaf kepada seluruh prajurit TNI dan seluruh masyarakat atas kesalahannya selama menjadi pemimpin di militer. “Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini atas nama pribadi dan keluarga dengan segala kerendahan hati saya menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangan serta kekhilafan,” tuturnya.

Salah satu prestasi Gatot selama menjabat Panglima TNI adalah keberhasilannya membongkar kasus dugaan korupsi proyek pengadaan Helikopter Agusta Wesland 101 atau Heli AW-101. Ia menyerahkan penyelesaian kasus yang merugikan negara sebesar Rp 224 miliar itu ke KPK, bahkan Gatot ikut konferensi pers bersama Pimpinan KPK untuk membuka kasus tersebut.

Seperti diketahui, dalam kasus dugaan korupsi pengadaan Heli AW-101, POM TNI bekerja sama dengan KPK dalam mengungkap kasus tersebut. POM TNI menetapan lima tersangka, yakni Marsma TNI FA, Letkol WW, Pelda S, Kolonel Kal FTS, dan Marsda SB.

KPK sendiri menetapkan satu orang sebagai tersangka yakni pemilik PT Diratama Jaya Mandiri Irfan Kurnia Saleh. Dalam proses lelang proyek tersebut, Irfan diduga mengikutsertakan dua perusahaan miliknya, PT Diratama Jaya Mandiri dan PT Karya Cipta Gemilang. Hal tersebut terjadi pada April 2016 lalu.

Sebelum proses lelang, Irfan diduga sudah menandatangani kontrak dengan AW sebagai produsen helikopter dengan nilai kontrak USD39,3 juta atau sekitar Rp514 miliar. Saat PT Diratama Jaya Mandiri memenangkan proses lelang pada Juli 2016, Irfan menandatangani kontrak dengan TNI AU senilai Rp738 miliar.

Meskipun kini dirinya tidak bisa mengontrol langsung penanganan kasus korupsi proyek pengadaan Heli AW-101, Gatot yakin Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan mengusut tuntas kasus tersebut. Keyakinan itu karena saat menyerahkan pengungkapan kasus tersebut ke KPK, dirinya didampingi Hadi Tjahjanto yang saat itu menjadi KSAU.

“Yakinlah bahwa TNI selalu konsisten, dan apa lagi dalam melaksanakan proses hukum, karena negara kita negara hukum dan panglima tertinggi dari TNI adalah hukum. Pak Hadi pasti akan patuhi itu,” ujar Gatot Nurmantyo.

Menurut Gatot, Hadi sudah tahu apa yang akan dilakukan dalam mengusut kasus yang diduga merugikan negara hingga Rp224 miliar. “Lho, Pak Hadi kan sama-sama saya, dalam ambil keputusan kan sama-sama saya. Dalam (pengusutan) AW kan sama-sama. Jadi sudah sangat paham beliau,” katanya. **Baca juga: Penakluk Teroris

Itulah pasang surut kehidupan yang dilalui Jenderal Gatot Nurmantyo. Ia menaiki roda kehidupan dengan hati yang ikhlas. Tidak merasa jumawa saat bertengger di atas dan tidak sedih ketika berada di bawah. Semua itu dijalaninya dengan dada yang lapang dan senyum yang lebar.

Apakah karier politiknya akan meredup terus? Belum tentu. Karena dari hasil survei yang dilakukan Poltracking Indonesia, nama Jenderal Gatot Nurmantyo berada di posisi teratas dari 10 besar Calon Wakil Presiden 2019.

Survei yang dilakukan pada 8-15 November 2017 dengan sample sebanyak 2.400 responden itu menghasilkan 10 besar nama untuk calon Wakil Presiden 2019. Urut-urutannya sebagai berikut : Gatot Nurmantyo 13,7 persen, AHY 13,2 persen, Anies Baswedan 13,2 persen, Sri Mulyani 3,2 persen, Ahmad Heryawan 2,8 persen, BG 2,0 persen, Cak Imin, 1,8 persen, Puan Maharani 1,2 persen, Zulifki Hasan 1,1 persen, dan tidak memilih 47,5 persen.

Jenderal bintang empat ini selalu bersyukur atas pengalamannya menjadi seorang prajurit di TNI. Terlebih saat diberi kesempatan menjadi orang nomor satu di militer. Ia tidak ngresulo atau tidak enak hati ketika keputusannya memutasi 16 perwira TNI dibatalkan oleh penggantinya. Menurut dia, pembatalan itu sah-sah saja dan merupakan hak prerogatif Panglima TNI. **Baca juga: Banyak Prestasi Luar Biasa

“Boleh-boleh saja. Sah saja. Sekarang kan saya bukan Panglima TNI. Hak prerogatif beliau (Marsekal Hadi Tjahjanto) dong,” kata Gatot usai acara Sewindu Haul Gus Dur di Jalan Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Jumat (22/12/2017) malam. (dari berbagai sumber)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Nasional

Joker Optimis Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Tangerang

Published

on

Relawan Jokowi Kerja (Joker). (Ist)

TANGERANG,MO – Relawan Jokowi Kerja (Joker) optimis dapat memenangkan Pasangan Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di daerah Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang pada Pilpres mendatang.

Dalam wawancara, Koordinator Wilayah Relawan Joker, Gus Imron mengatakan bahwa warga Tangerang sudah mulai merasakan betul akan hasil kongkret dari kinerja pemerintahan Jokowi selama ini. Sehingga pihaknya pun yakin, pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf dapat meraup suara di angka minimal 60% suara.

“Dengan terus menerus melakukan blusukan door to door untuk mensosialisasikan keberhasilan pembangunan Jokowi saat ini, mulai dari RT, RW sampai Kecamatan, maka kami yakin akan mendapatkan suara melebihi dari pasangan lawan,” ucap Gus Imron, Rabu (6/3/2019) lalu.

Menurut Gus Imron, selama kurang lebih 4,5 tahun ini banyak program Jokowi yang menyentuh langsung ke masyarakat. Mulai dari dana desa yang lebih diperuntukkan infrastruktur Desa, Kartu Indoensia Sehat untuk kesehatan masyarakat, Kartu Indonesia Pintar, sampai Program Keluarga Harapan.

“Dari beberapa program tersebut hanya bertujuan untuk menjadikan Desa utuh beserta seisinya,” katanya.

Tak sampai disitu, lanjut Gus Imron, pembagian Sertifikat Tanah bagi masyarakat Indonesia menjadi salah satu bukti nyata yang terlihat dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat banyak.

“Saat ini, sedikitnya sebanyak 5000 sertifikat tanah yang sudah dibagikan di Banten, termasuk Kabupaten dan Kota Tangerang. Pemerintah akan membagikan sekitar 500 ribu sertifikat per tahunnya,” ungkapnya.

“Ini menunjukkan bahwa program pemerintah di bawah pimpinan Bapak Jokowi benar-benar realistis dan layak untuk dipertahankan pada periode mendatang,” tukasnya.

Inilah fakta-fakta pembangunan dan perubahan menuju perbaikan memang nyata adanya dan harus terus dipertahankan demi kemajuan Indonesia.

Gus Imron pun menegaskan bahwa Relawan Jokowi Kerja yang berada di Tangerang akan senantiasa bekerja keras mengawal masyarakat Tangerang agar tidak mudah termakan informasi yang sifatnya tidak bisa dipertanggungjawakan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Koordinator Nasional Joker, Munadi Herlambang, bahwa Pemerintah saat ini benar-benar terasa memperhatikan rakyatnya.

“Saya rasa belum ada tandingannya bahwa Pemerintahan Jokowi memang membuat perubahan dari mulai paling atas sampai dengan paling bawah, paling atas yang saya maksud adalah infrastruktur sebagai dasar penopang ekonomi Indonesia, dan paling bawah adalah masayarakat dari mulai kaum Millenial hingga Manula, ini belum ada pada pemerintahan sebelumnya, oleh karenanya saya optimis elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin khususnya di Tangerang akan sangat tinggi,” pungkasnya. (uad)

Continue Reading

Nasional

Garuda Indonesia Resmi Operasikan Rute Halim-Tasikmalaya

Published

on

Penerbangan Jakarta - Tasikmalaya resmi beroperasi. (Ist)

JAKARTA,MO – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia mulai hari Sabtu (2/3) resmi mengoperasikan rute penerbangan Halim – Tasikmalaya PP yang sekaligus menandai pengoperasian layanan perdana Garuda Indonesia di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

Adapun layanan rute penerbangan Halim -Tasikmalaya pp akan dilayani sebanyak 3 kali seminggu (Selasa, Kamis, dan Sabtu) dengan armada ATR 72-600 berkapasitas 70 penumpang.

Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara mengungkapkan, pengoperasian rute penerbangan Halim – Tasikmalaya ini merupakan respon cepat Garuda Indonesia atas harapan Presiden RI dalam menunjang akses konektivitas udara dari dan menuju Tasikmalaya.

Seperti diketahui, pasar penerbangan dari Tasikmalaya cukup besar dengan total penumpang mencapai 30 ribu penumpang pertahunnya.

“Penerbangan ini juga menjadi momen penting bagi Garuda Indonesia mengingat peluncuran rute ini sekaligus menandai pengoperasian perdana layanan penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Halim Perdanakusuma dan Bandara Wiriadinata Taksimalaya,” terang Ari dalam keterangan tertulisnya.

Adapun melalui pengoperasian rute ini juga turut menghubungkan Palembang dan Tasikmalaya melalui Halim Perdana Kusuma yang penerbangannya akan dilayani sebanyak 3 kali seminggu.

Lebih lanjut, berkenaan dengan operasional layanan penerbangan dari Bandara Halim, Garuda Indonesia – dalam waktu dekat – juga turut menjajaki rencana untuk melayani penerbangan ke kota kota lainnya dari Bandara Halim Perdana Kusuma.

“Sebagai National Flag Carrier, komitmen Garuda Indonesia dalam membuka rute penerbangan di kawasan wilayah ekonomi baru seperti Tasikmalaya ini kami harapkan dapat mendorong geliat potensi ekonomi daerah melalui pengembangan pilar infrastruktur perekonomian daerah sekaligus membuka akses seluas luasnya atas jaringan penerbangan nasional bagi masyarakat,” ungkap dia.

Ari menambahkan, dibukanya layanan penerbangan tersebut juga merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia dalam mendukung pengembangan potensi pariwisata dan pereknomian kota Tasikmalaya yang juga turut dikenal sebagai salah satu kota santri terkemuka di Indonesia.

“Adapun layanan penerbangan ini nantinya kami harapkan akan mempermudah akses para wisatawan domestik dan internasional menikmati keragaman budaya Jawa Barat. Kami optimistis dibukanya layanan penerbangan ini dapat memaksimalkan potensi kunjungan wisatawan dalam negeri di tahun-tahun mendatang sekaligus memperkuat konektivitas antarkota dan wilayah dengan potensi pariwisata dan perekonomian yang menjanjikan di Jawa Barat khususnya melalui kota Tasikmalaya,” tukasnya.

Penerbangan Halim – Tasikmalaya ini berangkat pada pukul 11.50 dan tiba di Tasikmalaya pada pukul 12.50.Sementara itu, penerbangan dari Tasikmalaya menuju Halim akan diberangkatkan pada pukul 14.00 dan tiba pada pukul 15.00 WIB. (uad)

Continue Reading

Nasional

Relawan Gatot Siap Menangkan 02 Dengan Cara Apapun

Published

on

Ketum Umum BPN Prabowo - Sandi Djoko Santoso hadiri deklarasi gerakan total menangkan pasangan no urut 02. (Ist)

NASIONAL,MO – Relawan Gatot Nurmantyo dari Jaringan Nasional Garda Depan (JAGAD) menggelar rapat koordinasi nasional (RAKORNAS) guna tentukan dukungan Pilpres 2019. Rakornas pekan lalu itu menghasilkan dukungan kepada pasangan Prabowo-Sandi dilanjutkan Deklarasi Nasional Gerakan Total For Prabowo Sandi yang diikuti perwakilan JAGAD dari 34 provinsi di Hotel Lorin Solo,  Sabtu (23/2/2019).

Secara simbolis, hasil RAKORNAS diserahkan kepada Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso.

Dalam Sambutanya Ketua BPN Djoko Santoso, mengapresiasi gerakan total yang diusung JAGAD. Dia yakin gerakan total tersebut dapat mengalahkan ‘perang total’ yang diusung Moeldoko dari tim Jokowi-Ma’ruf. “Gerakan total bisa mengimbangi dan Mengalahkan Moeldoko yang mengusung total war,” ujar Djoko.

Dukungan relawan Gatot Nurmantyo kepada Prabowo itu disakralkan di Hotel Lorin Surakarta, melalui deklarasi perwakilan pengurus Jagad dari 34 Propinsi Se Indonesia. Nantinya, pengurus JAGAD akan Gerilya Turun Gunung dengan Gerakan Total memenangkan pasangan nomor 02.

“GERAKAN TOTAL ini adalah jawaban maka kami akan lakukan cara berbedadan segala cara. Gerilya JAGAD akan melakukan segala cara agar bisa memenangkan Prabowo-Sandiaga dalam kontestasi politik Pemilu 2019 ini,” tutur Ketua Presidium Nasional JAGAD, Agus Yusuf.

Menurut dia, daya Gerakan Total yang terpenting pilih Prabowo-Sandiaga, Menang dan untuk kesejahteraan rakyat. Dukungan yang diberikan kepada Prabowo-Sandi tidak sepihak. Tetapi, keputusan berdasarkan hasil dari rapat koordinasi nasional (Rakornas) JAGAD yang digelar sehari sebelumnya di Hotel Lorin.

Rakornas yang dihadiri perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia menghasilkan kesepakatan bersama untuk mendukung kepada paslon 02 Prabowo-Sandiaga.

“Mari kita adu strategi Total, Kami menginginkan ada perubahan di Indonesia, sehingga setelah RAKORNAS dan DEKLARASI ini Gerilya 5 Juta Relawan JAGAD yang akan kami komando bersama dan hanya satu kata siap untuk memenangkan paslon 02. Dengan tagline GERAKAN TOTAL FOR PRABOWO SANDI,” tegasnya.

Seperti diketahui, JAGAD berdiri sejak satu tahun lalu, awalnya menginginkan agar Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo bisa maju dalam Pilpres 2019. Namun, kata Agus Yusuf, karena pak Gatot Nurmantyo hingga batas pendaftaran tidak ada partai yang mengusung. Relawan JAGAD tetap melakukan dukungan terhadap beliau sampai kapanpun. dan pada pilpres 2019 ini kami dukung Capres Cawapres 02.

Sebelumnya, Moeldoko diketahui memang pernah membahas soal “perang total” dan center of gravity terkait strategi pilpres kubu petahana, yakni pasangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan cawapres Ma’ruf Amin. Pembahasan tersebut disampaikan Moeldoko pada saat rapat pleno para petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf di Gedung High End Jakarta, Rabu (13/2).

“Strategi, saat ini kita menyebutnya dengan istilah perang total. Di mana hal-hal yang kita kenali adalah menentukan center of gravity dari sebuah pertempuran itu. Kita sudah memiliki center of gravity itu, sehingga kita tahu harus bagaimana setelah mengenali center of gravity itu,” ujar Moeldoko. (uad)

Continue Reading

Trending