Connect with us

Kota Tangerang

Tanpa Hibah, Karang Taruna Banten Ingin Jadi Role Model Kemandirian

Published

on

Ketua Karang Taruna Banten Andika Hazrumy memberikan santunan. (ADI/METAONLINE)

Santuni 1.000 Anak Yatim se-Banten

SERANG,MO – Ketua Karang Taruna Banten Andika Hazrumy menegaskan organisasi kepemudaan yang dipimpinnya tidak akan pernah mengajukan dan menerima bantuan dana hibah dari Pemprov Banten sebagaimana lazimnya dilakukan dan diterima oleh organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan lainnya selama ini.

Andika mengaku pihaknya ingin menjadi role model atau rujukan bagi ormas lainnya bahwa meski tanpa hibah dari pemerintah, sebuah organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan tetap bisa berfungsi sesuai dengan tujuan organisasi tersebut didirikan.

“Kita ingin buktikan bahwa organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan bisa menjadi mitra strategis pemerintah,” kata Andika kepada pers usai menghadiri acara Buka Puasa Bersama dan Santunan Karang Taruna Provinsi Banten bersama 1000 Anak Yatim se-Banten di Plaza Aspirasi, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, beberapa waktu lalu.

Terkait dengan kegiatan buka bersama dan santunan anak yatim itu sendiri, Andika yang juga adalah Wakil Gubernur Banten, mengatakan, hal itu sebagai salah satu dari fungsi Karang Taruna sebagai orgaisasi kepemudaan yang bergerak di bidang sosial.

“Alhamdulilah kami dengan bekerja sama bersama berbagai pihak bisa melakukan tugas sosial yaitu menyantuni anak yatim di bulan Ramadhan ini,” katanya.

Sebelumnya dalam sambutannya Andika mengatakan, Karang taruna harus ikut aktif dalam mengatasi masalah-masalah sosial. Karang Taruna harus menjadi kekuatan ide untuk bersama-sama mengatasi masalah sosial.

Menurut Andika, Karang Taruna memiliki modal sosial dan politik yang kuat. Ini bisa dilihat dari jaringan kepengurusannya yang mengakar sampai level RT/RW di seluruh pelosok tanah air.

Kondisi itu, lanjutnya, memungkinkan Karang Taruna efektif menelurkan gagasan yang bisa menjadi solusi dari berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.

Andika mengingatkan hakikat Karang Taruna adalah kritis melihat masalah yang melanda masyarakat dan dengan olah gagasan mencari solusi masalah tersebut, dan bekerja bersama-sama dengan kelompok masyarakat yang lain.

“Untuk itu Karang Taruna sebagai organisasi sosial kepemudaan yang lahir dari, oleh dan untuk masyarakat yang dilindungi undang-undang harus dapat merencanakan dan melaksanakan program sosial dengan penuh inovasi dan bermanfaat bagi pengurusnya serta tentunya masyarakat,” papar Andika.

ADI DARMA

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kota Tangerang

Lumat Tim Singapore, TNI AL Juara Kejurnas Voli

Published

on

Tim Voli TNI AL mengangkat tropi Kejurnas Voli PGN 2018 di GOR Dimyat, Kota Tangerang, Minggu (18/11/2018).

TANGERANG, MO – Tim TNI Angkatan Laut memenangkan Kejuaraan Nasional Bola Voli antarklub Liga 1 di GOR Ahmad Dimyati, Tangerang, Minggu (18/11/2018). Tim AL mengalahkan asal Aceh di laga terakhir kejuaraan tersebut.

Kemenangan Tim AL diraih usai melumat Tim Singapore dengan kemenangan tiga set sekaligus. Punggawa TNI AL mendominasi sejak babak pertama. Tim ini menang mudah di babak pertama dengan skor 25-17.

Sebaliknya, sejumlah pukulan Tim AL tak mampu dikembalikan secara sempurna oleh Tim Singapore. Tertinggal jauh di babak pertama, Singapore sempat bangkit dan hampir mengejar ketertinggalan. Babak kedua berakhir dengan skor 25-23 untuk TNI AL.

Sempat bangkit di babak kedua, performa punggawa Tim Singapore tak konsisten di babak ketiga. Walhasil kekalahan telak bagi Tim Singapore dengan selisih skor yang cukup jauh, yakni 18.

Kemenangan Tim TNI AL menutup kejuarnas yang diselenggarakan PGN tersebut. Ketua Harian Komite Olahraga, Laksmana TNI Rudianto menjelaskan, kemenangan tersebut merupakan hasil dari perjuangan panjang tim TNI AL.

Kemenangan tersebut, kata Rudianto, jauh berbeda denganhasil di tahun lalu.

“Tahun ini kami nilai merangkak mulai dari Kejurda, Kejurnas dan masuk ke Divisi I. Mudah -mudahan diharapkan masuk kedalam divisi utama,” ujarnya ketika ditemui, Minggu (18/11/2018).

Rudianto menjelaskan, hasil yang diperole pihakya pada tahun lalu membuat pihaknya melakukan pelatihan khusus sepanjang tahun.

“Pada tahun lalu kamu menjadi juara kelima. Alhamdulillah setelah kita lakukan evaluasi sekarang dapat juara pertama,” tambahnya.

Sekadar diketahui dalam even tersebut tim TNI AL mendapatkan hadiah sebesar Rp 20 juta sebagai juara pertama.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Dedi Suhada mengungkapkan terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah pusat menjadikan Kota Tangerang untuk pelaksanaan even tersebut.

“Dengan kejuaraan ini diharapkan dapat memotivasi Pengcab PBVSI agar dapat menghasilkan prestasi pada even selanjutnya,” ujarnya.

Ketua panitia Kejurnas, Ngadino meminta maaf jika selama pelaksanaan even terdapat kekurangan dari panitia.

“Pelaksanaan kejuaraan pada tahun ini masih terdapat kekurangan, sehingga perlu kami rapihkan kembali. Saya mohon maaf jika ada kekurangan selama pelaksanaan,” ucapnya.

Ngadino mengaku, pihaknya sudah berkomunikasi pada pemerintah pusat untuk menjadikan Kota Tangerang kembali sebagai tuan rumah pelaksanaan ProLiga 2019 mendatang. Kendati GOR tangerang Dimyati belum memenuhi syarat.

“Kami coba tahun depan untuk meningkatkan kapasitas penonton,” pungkasnya. (agr)

Continue Reading

Kota Tangerang

Akhir Pekan, Wali Kota Hadiri Sejumlah Kegiatan Pemuda

Published

on

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah saat membekali peserta seminar Festival 4.0 di Ruang Al Amanah, Puspemkot. Tangerang, Minggu (18/11/2018).

TANGERANG, MO – Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah mengisi kegiatan di akhir pekan dengan menemui sejumlah acara yang diinisiasi oleh generasi muda kota Tangerang.

Arief mengunjungi kegiatan Leadership Training Festival 4.0 yang diselenggarakan oleh komunitas Sahabat Pelajar (Sapa) kota Tangerang di ruang Al Amanah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Minggu (18/11/2018).

Di kegiatan yang mengusung tema “Create Your Own Future” tersebut, Arief meminta kepada sebanyak 300 generasi muda yang hadir untuk dapat memiliki rasa bangga dan kecintaan kepada Kota Tangerang.

“Jangan cuma diomongin, tapi juga dibuktiin, ayo bareng – bareng kita jaga Kota Tangerang,” seru Arief pada acara yang dihadiri oleh pemuda dari kalangan pelajar dan mahasiswa tersebut.

Orang nomor satu di Kota Tangerang juga mengharapkan agar para pelajar dan mahasiswa yang mengikuti seminar untuk dapat memasang target yang tinggi dalam menentukan cita-citanya.

“Kalau punya cita – cita jangan tanggung, tapi harus dibarengi dengan usaha dan tanggung jawab,”

“Apalagi di era revolusi 4.0 saat ini, kita harus meningkatkan kualitas diri kalau tidak mau tertinggal,” pesan Wali Kota.

Selanjutnya, Arief juga menyempatkan diri untuk menemui ratusan pemuda yang mengikuti kegiatan Ngobrol Bareng Remaja Islam (Ngobras) yang berlangsung di Masjid Raya Al Azhom.

Dalam sambutannya, Arief mengingatkan kepada generasi muda yang hadir untuk senantiasa bersyukur atas segala hal sudah didapat dalam kehidupannya.

“Terus positif thinking dan manfaatin kemajuan teknologi untuk kebaikan,”

“Jangan sia-siain hidup cuma untuk hal – hal yang kurang bermanfaat,” pungkas Arief. (fi)

Continue Reading

Kota Tangerang

WH Bimbing Operator PKH se Tangerang Raya

Published

on

Gubernur Banten, Wahidin Halim saat memberikan pengarahan ke sejumlah pendamping PKH, Jumat (16/11/2018).

TANGERANG, MO – Gubernur Banten, Wahidin Halim didampingi Kepala Dinas  Sosial Provinsi Banten Nurhana memberikan pembinaan kepada 345 pendamping dan operator  program keluarga harapan(PKH) Provinsi Banten se Tangerang raya di GOR  Tara kinzaka Pinang, Kota Tangerang, Jumat,(16/11/2018).

Gubernur mengharapkan kegiatan pembinaan dengan PKH ini dilakukan secara rutin,karena apa,ujar Gubernur,Karena para pendamping PKH ini merupakan pejuang-pejuang murni yang setiap waktu mendampingi masyarakat untuk memberikan pembinaan baik pendidikan,kesehatan maupun perekonomian ,ini merupakan pekerjaan yang luar biasa,karena tanpa melihat gaji dan honor para pendamping dan Operator PKH ini mau untuk melakukannya.

“Ternyata orang-orang yang berhasil itu,orang yang mau mengiklaskan dirinya untuk kepentingan masyarakat”,tegas Gubernur.ketika kita berbuat banyak untuk membela saudara kita,tetangga kita dan orang yang tidak mampu,maka allah kasih kesempatan kepada kita.jadi tujuan utama kita harus banyak sedekah dengan ikhlas maka allah akan memberikan imbalan keberkahan buat kita,Ujar WH ketika memeberikan pembinaan kepada pendaping PKH.

Menolong masyarakat, kata WH dilandasi niat yang tulus untuk menolong masyarakat. Para pendaping PKH, sambungnya, ini mempunyai hati yang mulia dengan melakukan pembinaan kepada masyarakat.

Selain hal tersebut Gubernur mengharapkan kepada pendamping PKH untuk menjelaskan kepada masyarakat,agar kita tidak konsumtif,tetapi mereka harus didorong untuk melakukan kreatifitas ekonomi seperti halnya membuat kue,ini harus dibimbing karena biasanya kelemahan dikita dari kemasannya.

Pada pertemuan selanjutnya saya mengharapkan kepada Dinsos untuk menampilkan hasil pembinaan PKH ini,nanti mana yang kita angkat untuk menjadi unggulan didalam pembinaan yang berbasis ekonomi,nanti kita kerjasama dengan UMKM dan CSR untuk kita  bantu modalnya,tambah Gubernur.

Kepala Dinas  Sosial Provinsi Banten Nurhana dalam laporanya mengatakan tujuan pembinaan PKH ini yaitu untuk meningkatkan,mempererat dan memperkokoh team work yang telah ada dan terjalin antara pendamping, Oprator dan Dinas Sosial. selain itu untuk meningkatkan  motivasi dan semangat kerja  para pendamping dan operator PKH dalam menjakankan tugas pendampingan dan tugas sosial lainnya.

Dalam melaksanakan tugasnya pendamping PKH mendampingi 200 samapai dengan 300 keluarga penerima manfaat (KPM).Jumlah KPM untuk Kota tangerang sebanyak 33.114 KPM,Kota Tangerang Selatan 8.485 KPM dan Kabupaten Tangerang 49.500 KPM,masing masing KPM menerima bantuan sebesar Rp.1.890.000. (fi)

Continue Reading

Trending