Connect with us

Nasional

Soal Gaji Mega, Jokowi Pilih Lempar Bola

Published

on

metaonline.id
Megawati Soekarnoputri. (istimewa)

METAONLINE,- Megawati Soekarnoputri lagi jadi sorotan publik. Bukan soal manuvernya sebagai Ketum PDIP, tapi soal gajinya yang fantastis sebagai Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sekitar Rp 112 juta per bulan. Gaji Mega ini melebihi gaji Presiden Jokowi. Kok bisa ya?

Kehebohan gaji BPIP ini muncul akhir pekan lalu. Setelah Sekretariat Negara mengunggah Perpres Nomor 42 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Lainnya bagi Pimpinan, Pejabat, dan Pegawai BPIP ke laman resminya. Perpres ini diteken Jokowi pada 23 Mei.

Dari peraturan itu diketahui bahwa gaji pejabat BPIP begitu fantastis. Posisi Ketua Pengarah yang dijabat Megawati Soekarnoputri digaji sebesar Rp112 juta per bulan.

BPIP adalah badan baru yang dibentuk di era Jokowi melalui Perpres No 7/2018. Salah satu tugasnya membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. BPIP ini dulunya berbentuk unit kerja (UKP-PIP).

Posisinya di bawah Kementerian Sekretaris Negara. Baru pada Februari lalu Jokowi meningkatkan statusnya menjadi badan. Artinya menjadi lembaga otonom.

Menurut Jokowi, gaji para pejabat BPIP itu sudah sesuai mekanisme. Artinya sudah dianalisis serta dikalkulasi pihak-pihak terkait, yakni Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara (Kemenpan) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Dengan demikian,keputusan itu sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Saya kira penjelasan yang lebih detail ada di Kemenkeu,” kata Jokowi di Kampus UHAMKA, Ciracas, Jakarta Timur, pada Selasa (29/5) kemarin.

Jokowi mengungkap angka yang tertera bukan hanya gaji. Tapi juga tunjangan, asuransi dan lainnya.

“Ditanyakan saja ke Kemenkeu angka-angka itu didapatkan dari mana. Itu kan sudah berangkat dari hitung-hitungan dan analisis di kementerian-kementerian yang ada,” kata Jokowi.

“Sekali lagi, itu bukan dari hitung-hitungan dari kita lho ya. Hitung-hitungan dari kementerian. Analisis jabatan di Kemenpan. Kemudian kalkulasi dan perhitungan mengenai besarnya itu di Kemenkeu. Ditanyakan saja ke sana,” tutupnya. (Sir/bbs)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Standarisasi Baru Sistem Antrean Bus Diterapkan AP 2

Published

on

Pengunjung tengah menunggu bus di Terminal 2, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Rabu (19/12/2018).

TANGERANG,  MO – PT Angkasa Pura II (Perseroan) mulai melakukan standarisasi sistem antrean bus dengan pilot project di shelter Bus Terminal 2, Bandara Internasional Soekarno-Hatta sejak Kamis (20/12/2018).

Sistem tersebut dimaksudkan agar penumpang semakin dimudahkan, serta tertib dan dapat memperoleh informasi secara valid terkait dengan rute, waktu dan tarif.

Pada sistem antrean yang baru ini terdapat vending machinePublic Information Display System (PIDS) serta pintu otomatis (autogate) untuk masuk ke dalam area pemberangkatan.  Sehingga kenyamanan dan kepastian waktu boarding lebih terjamin.

Ada pun alurnya, penumpang wajib memesan rute atau bertransaksi dengan menggunakan vending machine.

Setelah penumpang mendapat kode QR, selanjutnya membayar tiket sesuai tarif yang terdapat pada kode QR.

Kemudian untuk masuk ke dalam area pemberangkatan bus, penumpang dapat melakukan pindai kode QR sebelum naik bus melalui autogate.  Pemasangan autogate dimaksudkan agar lajur pada shelter bus dalam kondisi steril.

PIDS layaknya FIDS diklaim mampu menginformasikan dengan jelas rute, nama armada bus, serta kepastian waktu tiba dan berangkat.

“Komitmen kami bertujuan agar pelanggan semakin tertib, mudah dan nyaman dalam memperoleh tiket. Dan, yang terpenting muncul kepastian waktu yang akan membuat penumpang tidak khawatir,” terang Febri Toga Simatupang, Senior Manager Of Communication and Legal, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Rabu (19/12/2018).

Selain itu, kata Febri, dengan sistem ini manajemen PT Angkasa Pura II dapat langsung berkoordinasi dengan pihak penyedia bus jika kondisi pergerakan penumpang mengalami lonjakan.

“Sehingga tingkat demand akan kebutuhan bus dapat diketahui sesuai dengan kondisi saat itu,” tuturnya.

Untuk diketahui pengembangan sistem antrean ini juga dimaksudkan agar bus yang berada di bandara dapat terlebih dahulu berada di pengendapan. Dengan sistem ini shelter bus dapat membaca koordinat bus saat di pengendapan dan memberikan informasi yang valid pada PIDS.

“Meski begitu sistem ini akan terus dikembangkan. Karena nantinya akan diterapkan di Terminal 1 dan Terminal 3,” terang Febri. (fi)

Continue Reading

Ekonomi

Garuda Indonesia Buka Rute Jakarta-London

Published

on

metaonline.id
Garuda Indonesia. (dok)
TANGERANG, MO – Maskapai nasional Garuda Indonesia mulai melayani penerbangan langsung Jakarta-London dan sebaliknya dengan armada Boeing 777-300 ER dual class, Kamis (13/12/2018). Rute baru ini dioperasikan sebanyak  tiga kali dalam sepekan, yakni Selasa, Kamis, dan Sabtu.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara mengungkapkan, “Dibukanya kembali rute penerbangan langsung Jakarta-London pp tersebut merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan perusahaan dalam peningkatan kualitas layanan kepada pengguna jasa melalui penyediaan pilihan ragam jaringan penerbangan Internasional, khususnya dengan menyediakan akses konektivitas langsung dari Jakarta ke Bandara Internasional London Heathrow (LHR) maupun sebaliknya”.

Pihaknya, kata Ari, berharap pengoperasian itu dapat memenuhi kebutuhan pengguna jasa akan layanan penerbangan langsung ke London, khususnya bagi masyarat yang ingin menikmati perayaan tahun baru dan Natal di kawasan Britania Raya tersebut.

Ari mengatakan, pembukaan rute baru ini juga menjadi capaian tersendiri bagi Garuda Indonesia. Ini, katanya sejalan dengan komitmen peningkatan kinerja melalui pembenahan  cost structure yang terus menunjukan pencapaian positif yang salah satunya dibuktikan dengan dapat kembali dibukanya rute penerbangan langsung Jakarta-London ini.

“Kami sangat optimistis dengan kembali dibukanya penerbangan langsung Jakarta – London pp tersebut dapat semakin memperluas pangsa pasar jaringan penerbangan internasional yang kami harapkan juga dapat memperkuat potensi market share penerbangan internasional Garuda Indonesia”. Jelas Ari.

Rute Jakarta-London pp diberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, melalui penerbangan GA 086 pada pukul 12.05 waktu setempat dan akan di Bandara Internasional London Heathrow (LHR) pada pukul 20.00 waktu setempat. Sementara itu, penerbangan London-Jakarta pp diberangkatkan dari Bandara Internasional London Heathrow (LHR) pada pukul 21.55 waktu setempat dan tiba di Bandara Internasional Soekarno Hatta pada pukul 19.10 waktu setempat. (fi)

Continue Reading

Ekonomi

Menteri PUPR Apresiasi ATI Inisiasi Program Revitalisasi Industri Jalan Tol Indonesia

Published

on

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono membuka FGD ATI, Jumat (5/12/2018).

JAKARTA, MO –  Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) selaku asosiasi yang mewadahi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) di Indonesia menggelar Forum Group Discussion untuk pertama kalinya dengan mengangkat tema “Revitalisasi Industri Jalan Tol: Menyongsong Konektivitas Trans Jawa dan Sumatera” di Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Jumat (5/12/2018). Acara ini juga bertujuan untuk menginisiasi program revitalisasi industri jalan tol di Indonesia agar menjamin keberlangsungan usaha dan manfaat infrastruktur jalan tol bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menyempatkan membuka FGD dan menyematkan pin kepada pengurus ATI sebagai simbolisasi perkenalan dan pemberian selamat kepada pengurus ATI periode 2018-2023.

Basuki berharap ATI mampu menjadi mitra kerja Kementerian PUPR, sehingga bisa saling membantu dalam hal pengelolaan tol.

“Dengan adanya ATI, saya ingin memantapkan proses pengambilan keputusan terkait bisnis jalan tol. Terutama untuk meningkatkan pelayanan kita kepada masyarakat. Karena mereka sudah bayar saat menggunakan tol, pasti mereka menuntut services yang lebih baik juga,” kata Basuki.

Selain itu, sebagai pemateri acara ini, ATI menghadirkan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Sugiyartanto, Perwakilan Dirjen Perhubungan Darat, Perwakilan Korlantas Polri, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry TZ, dan perwakilan BUJT yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT Marga Mandalasakti Krist Ade Sudiyono.

Menanggapi kegaiatan ini, Sekjen ATI Krist Ade Sudiyono mengatakan, penyelenggaraan FGD merupakan rangkaian kegiatan yang akan diselenggarakan oleh Asosiasi Jalan Tol Indonesia. Hasil dari acara ini diharapkan mampu memberikan kontribusi yang baik bagi perkembangan industri jalan tol nasional, khususnya pada program kemitraan strategis antara pemerintah dan badan usaha, dalam upaya peningkatan kuantitas dan kualitas layanan jalan tol di Indonesia.

“Sebagai asosiasi professional yang mewadahi 56 BUJT di Indonesia, keberadaan ATI juga diharapkan dapat ikut bersinergi dalam upaya meningkatkan profesionalisme penyelenggaraan usaha jalan tol bagi masyarakat, serta meningkatkan peran serta seluruh anggota menjadi bagian dari stakeholder pembangunan Indonesia,” ungkap Krist. (fi)

Continue Reading

Trending