Connect with us

Kota Tangerang

PMI Bentuk Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Di Kota Tangerang

Published

on

TANGERANG, MO – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang terus berupaya melakukan sosialisasi mitigasi atau pencegahan terhadap bencana alam di Kota Tangerang.

Salah satu cara yang dilakukan PMI Kota Tangerang adalah melatih kader atau relawan tangguh bencana baik dari perangkat kelurahan, masyarakat maupun pemuda peduli bencana.

Kegiatan tersebut dimulai dengan pemaparan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat (SIBAT) dan dilanjutkan dengan praktek penanganan bencana.

Dalam kontek sesiapsiagaan dan penanggulangan bencana alam, PMI Kota Tangerang  terus berupa memberikan pemahaman, pelatihan, sosialisasi serta simulasi. Hal itu dilakukan agar masyarakat paham dan mengerti tentang bencana dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Menurut Hasbullah selaku ketua panitia mengatakan, tujuan Sibat ini adalah membentuk tim kesiapsiagaan bencana di Kota Tangerang.

“Pada saat ini kita mengawalinya di 3 kecamatan yaitu PMI Kecamatan Neglasari, PMI Benda dan PMI Batuceper yang dilatih dalam hal mitigasi dan kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, optimalisasi pemuda dan relawan harus dilakukan, salah satunya lewat kegiatan ini. “Peserta pelatihan dapat menjadi garda terdepan dalam upaya mitigasi bencana di wilayah kecamatan, contohnya ketika terjadi bencana kebakaran, banjir dan kekeringan di kecamatan Neglasari, Batuceper dan Benda.” paparnya.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menerangkan, dalam rangka meningkatkan peranserta masyarakat bukan hanya menjadi obyek atau penonton, tapi di Kota Tangerang harus menjadi subjek untuk kemajuan pembangunan. Melalui kegiatan pelatihan ini para peserta bisa menjadi contoh bagi masyarakat dalam menghadapi keadaan gawat darurat.

“Peserta juga harus bisa menyampaikan kembali ilmu yang dipelajari ke masyarakat luas. Minimal disampaikan ke keluarganya dulu, supaya tahu gimana menghadapi kondisi yang darurat dengan cara yang tepat,” ujar Walikota dalam acara yang berlangsung di aula kantor Kecamatan Neglasari, Sabtu, 31 Agustus 2019.

“Kami mengucapkan terimakasih terhadap PMI Kota Tangerang yang mau mengajak masyarakat ikut berlatih dalam kesiapsiagaan kebencanaan,”pungkasnya.(bono)

Kota Tangerang

Pemkot Tangerang Siap Dorong Percepatan PSEL

Published

on

JAKARTA, MO – Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin, hadir dalam Rapat Percepatan Pembangunan Instalasi Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan (PSEL), bertempat di Gedung Bina Graha, Kantor Staf Presiden, Jakarta Pusat.

Wakil menjelaskan, terkait pembangunan PSEL di Kota Tangerang telah mencapai tahap negosiasi.

“Kita melaporkan tadi kepada Pak Moeldoko, Kota Tangerang sudah sampai proses negosiasi,” jelas Sachrudin, Kamis (20/2).

Sachrudin sendiri pun, meminta kepada Pemerintah Pusat untuk membantu dalam hal penyediaan Biaya Layanan Pengolahan Sampah (BLPS) untuk Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL).

“Untuk kendalanya sendiri, guna mengurangi biaya tipping fee yang dibebankan pada APBD kita, kita sudah sampaikan tadi, jadi semangatnya adalah sama-sama mendorong agar PSEL bisa secepatnya terealisasi,” imbuhnya.

Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, menerangkan, Pemerintah Pusat berusaha mengumpulkan seluruh daerah yang masih terkendala dalam pembangunan PSEL.

“Disini kita berkumpul, kita selesaikan apa yang menjadi masalahnya. Dan apa yang bisa dibantu oleh pusat,” terang Moeldoko.(BS)

Continue Reading

Kota Tangerang

Rizky Febian Semarakkan Tangerang Creatifest

Published

on

TANGERANG, MO – Tangerang Creatifest 2020 adalah rangkaian acara event komunikasi kreatif yang digelar untuk pertama kalinya oleh Humas Pemerintah Kota Tangerang.

Tangerang Creatifest 2020 menghadirkan workshop, diskusi, coaching clinic, photo rally, pameran foto cetak dan digital, instalasi creative, live music dan lomba-lomba lain dengan total hadiah 216 juta rupiah.

Demi menggaet kalangan milenial untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Tangerang Creatifest 2020, Humas Kota Tangerang mengadakan Pre Event Tangerang Creatifest 2020 berkolaborasi dengan penyanyi Rizky Febian.

“Ini adalah pra acara, kita perkenalkan dulu di Tangerang Creatifest itu ada apa aja. Mulai dari lomba-lomba, workshop terkait komunikasi, pokoknya lengkap acaranya,” ucap Buceu Gartina Kepala Bagian Humas dan Protokol usai acara pre event Creatifest di Taman Gajah Tunggal, Tangerang, Kamis (20/2).

Menurut Buceu, dipilihnya Rizky Febian merupakan sebuah kolaborasi untuk memperkenalkan Tangerang Creatifest 2020 yang menyasar kepada kalangan milenial.

“Sesuai dengan sasaran audience yaitu kalangan milenial, jadi anak muda di Kota Tangerang dan Indonesia bisa ikut berpartisipasi,” tambahnya.

Sementara itu, Yunita Virdianti Kepala Sub Bagian Pelayanan Informasi menambahkan Pemkot mengajak seluruh masyarakat yang berkecimpung di dunia kreatif untuk mengikuti Tangerang Creatifest 2020.

“Buat seluruh masyarakat yuk ikut Tangerang Creatifest 2020, bakalan banyak banget lomba-lomba dari karya tulis, fotografi, mural, design,” jelas Yunita.

“Langsung aja klik websitenya di tng-creatifest.com dan follow akun instagram Humas Kota Tangerang buat tahu lebih jauh,” imbuhnya.

Sebagai informasi, Tangerang Creatifest 2020 nantinya akan dilaksanakan pada 5-11 April 2020 bertempat di Mall Bale Kota Tangerang. Penerimaan karya Tangerang Creatifest 2020 dimulai pada tanggal 4 – 21 Maret 2020 kecuali Photo Rally dan Mural yang akan dilaksanakan pada acara Tangerang Creatifest 2020.(BS)

Continue Reading

Kota Tangerang

Resmikan Flying Track, Walikota Ajak Masyarakat Wisata Ke Hutan Kota

Published

on

TANGERANG, MO – Wali Kota Tangerang H. Arief R Wismansyah hadir sekaligus meresmikan Flying Track di Hutan Kota dan melauching Aplikasi Portal Taman Kita didampingi Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Parawisata (Disbudpar) Kota Tangerang Kiki Wibhawa yang berlokasi di Hutan Kota, Tangerang, Kota Tangerang, Kamis (20/02).

Dalam kesempatan tersebut, Arief menyampaikan bahwa hutan kota merupakan taman tematik yang sudah seharusnya menjadi tempat yang layak dikunjungi oleh Masyarakat dalam maupun luar Kota Tangerang.

“Mudah-mudahan wisatawan semakin banyak yang datang kesini, karena tempatnya dibuat Instagramable dengan berbagai wahana didalamnya,” ujarnya.

Selain itu, walikota juga menyampaikan dengan adanya aplikasi portal taman kita diharapkan dapat menyediakan informasi dan edukasi berupa jenis tanaman, manfaat tanaman hingga jenis hewan.

“Jadi ketika masyarakat datang kesini bukan hanya sekedar rekreasi tapi juga belajar diruang terbuka,” paparnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Disbudpar Kota Tangerang Kiki Wibhawa Hutan kota sebagai pusat kreativitas, pelestarian seni, budaya serta edukasi yang di dalamnya terdapat Flying Track terdapat 10 jenis satwa unggas, seperti Burung Merpati, Angsa, Ayam Mutiara, Ayam Kalkun dan Ayam Kate.

“Semoga semakin banyak wisatawan yang berkunjung dan memanfaatkan fasilitas sarana dan prasarana yang telah disediakan,” paparnya.

Sebagai informasi, Aplikasi portal taman kita terdapat 4 konten, yakni Sitante (Sistem Informasi Taman Tematik), Sieman (Sistem Informasi Elektronik Tanaman), Siom (Sistem Informasi Operasional dan Maintenance) dan Reservasi yang dapat diakses melalui aplikasi Tangerang Live.(BS)

Continue Reading

Trending