Connect with us

Kota Tangerang

PDAM TB Bidik Sambungan PDAM TKR di Kota Tangerang

Published

on

Ilustrasi Pipa PDAM. (ISTIMEWA)

TANGERANG,MO – Puluhan ribu sambungan air minum di Kota Tangerang dimiliki Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Kertaraharja (PDAM TKR) Kabupaten Tangerang. Upaya mengambilalih sambungan tersebut kini tengah dilakukan PDAM Tirta Benteng (TB) dengan perundingan.

Sambungan tersebut ditaksir menjangkau 26 persen pelanggan PDAM TB Kota Tangerang. Data yang diterima sebanyak 60 ribu sambungan air minum di Kota Tangerang dimiliki PDAM TKR Kabupaten Tangerang.

Bahkan, sambungan tersebut jauh lebih banyak dibanding yang dimiliki PDAM TB Kota Tangerang yakni, 42.127 Sambungan Langganan.

“Itu sedang taraf mediasi melalui BPKP, lagi dilakukan runding tentang aset-asetnya. Tunggu ajalah, nanti juga ada hasilnya,” ujar Asisten Manager Humas PDAM TB, Ichsan Sodikin, Rabu (3/1).

Ditanya jangka waktu perundingan, Ichsan mengaku belum bisa memastikannya. Namun demikian upaya tersebut terus dilakukan oleh pihaknya.

Sementara, Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Eddie Ham menambahkan, pengambilalihan langganan PDAM TKR di wilayah Kota Tangerang demi mendongkrak pendapatan daerah.

Dia mengatakan, PDAM TKR telah menggunakan aset Pemkot berupa warga serta tanah. Oleh karena itu, sambung dia, pihaknya menuntut royalti dari keuntungan yang diperoleh PDAM TKR Kabupaten Tangerang.

“Yang dari TKR itu 26 persen langganan kota Tangerang. Kita tuntut dia bayar royalti, (besarannya) tergantung dari perundingan. Seperti kabupaten Bekasi dengan kota Bekasi, itu kan saling royalti,” ujar politikus Partai berlambang mercy tersebut.

Sejumlah wilayah yang dijangkau PDAM TKR diantaranya wilayah Karawaci serta Cikokol. Eddi Ham menegaskan, jika dalam perundingan itu tak dietmui solusi yang menguntungkan, pihaknya merekomendasikan penambahan pipa secara pararel di wilayah tersebut.

Bahkan, Eddie meminta Pemkot untuk menggandeng pihak swasta untuk penyambungan tersebut. “Kita merekomendasikan supaya melaksanakan itu (pengambilalihan langganan), kalau gak kita akan mempararel pipanya dari Moya (perusahaan swasta), secara tidak langsung artinya mengambil alih. Ini berandai-andai, kalau dia ngotot. Padahal dia mengambil pelanggan itu dari Kota Tangerang. (Sebanyak Rp) 450 miliar investasinya. Kita sistemnya kerja sama,” jelasnya melalui sambungan telepon.

Lebih lanjut, dia menjelaskan, pengambilalihan aset juga akan memenuhi target sambungan PDAM PDAM TB Kota Tangeang sebanyak 26 persen. Artinya, sambung dia, penambahan sambungan di tahun 2018 terpenuhi yakni sebanyak 16.000 sambungan. Untuk diketahui, PDAM TB Kota Tangerang ditarget 80 persen pelayanan air bersih bagi warga Kota Tagerang pada 2020.

“Kita minta secepatnya (diambilalih). Kita minta direktur (PDAM TB) baru kinerja ditingkatkan. Masa harus mencari yang lain, kan yang lama ada. Kalau bisa diambilalih gak usah cari pelanggan lagi, (target) 80 persen 2020, diantara itu 26 persen dari TKR,” sebutnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PDAM TB Kota Tangerang, Sumarya meminta jajarannya mempercepat sejumlah lelang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (amdal) untuk sejumlah sambungan baru. Dia mengatakan, percepatan tersebut demi memenuhi target sambungan pihaknya di tahun ini sejumlah 16 ribu lebih sambungan.

“Bagian terkait agar segera membuat laporan yang sudah dilakukan di 2017, serta segala progres kerja yang akan di lakukan di 2018 untuk segera dilaksanakan dan ditindaklanjuti, dan untuk progres lelang serta tender yang meliputi zona 2 dan zona 3 terkait amdal dan lainnya agar segera dipersiapkan, sehingga pelaksanaannya bisa segera terealisasi,” ujarnya saat Apel Pagi di hari pertama usai libur pergantian tahun, Selasa (2/1) kemarin.

Terkait sambungan langganan, disampaikan Manager Hubungan Pelanggan, Ali Mukmin, progres pemasangan Sambungan Langganan (SL) yang dilakukan di tahun 2017, yaitu, dengan adanya penambahan di tahun 2017 sejumlah 6.607 sambungan baru, Sehingga total terpasang sampai bulan Desember 2017 secara keseluruhan jumlah pelanggan Pdam TB yaitu, 42.127 Sambungan Langganan.

ADI DARMA

Kota Tangerang

Wakil : Tebarkan Nilai Kepedulian Dimulai dari Diri Sendiri

Published

on

TANGERANG, MO – Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin menghadiri acara Santunan Anak Yatim dalam rangka Memperingati Tahun Baru 1 Muharram 1441 Hijriyah yang diselenggarakan oleh Majelis Mujahadah Asmaul Husna, di Masjid Raya Al-Azhom, Rabu (18/9).

Dalam sambutannya, Sachrudin mengatakan kepada para jamaah yang hadir bersama dengan pemerintah saling bahu-membahu mengatasi permasalahan sosial.

“Pemerintah telah bekerjasama dengan Baznas Kota Tangerang membentuk UPZ (Unit Pengumpulan Zakat) disetiap masjid dan mushola dengan harapan UPZ dapat mengatasi persoalan-persoalan sosial,” ucapnya.

“Contohnya masalah kesehatan, pendidikan dan lainnya yang memerlukan penanganan segera,” ungkap Sachrudin.

Sachrudin meyakini, dengan kesadaran masyarakat dalam mengeluarkan kewajiban-kewajibannya ditambah rasa kepedulian yang tinggi, berbagai program-program yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat akan terwujud.

“Tidak ada orang miskin yang menangis karena kekurangan jika masyarakat dan pemerintah membangun kesejahteraan dan mengetahui kewajiban-kewajibannya karena sebagian hak-hak yang kita miliki ada hak-hak yang perlu dikeluarkan,” tambahnya.

Terakhir, Wakil berpesan kepada jamaah yang hadir, untuk selalu menebar kebaikan kepada sesama yang akan membawa keberkahan dan kebaikan untuk Kota Tangerang.

“Tidak perlu melihat seberapa besar yang harus dikeluarkan, bagaimanapun nilainya akan sangat bermanfaat bagi kalangan prasejahtera, dan ini sesuatu yang harus dimulai dari diri sendiri,” tukasnya.(bono)

Continue Reading

Kota Tangerang

Delegasi Jabatan Penerangan Malaysia Tertarik TLR Kota Tangerang

Published

on

TANGERANG, MO – Sejumlah delegasi Jabatan Penerangan Malaysia bersama perwakilan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berkunjung ke Kota Tangerang dalam rangka studi banding ke command center Tangerang Live Room (TLR) yang diterima langsung oleh Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota menyampaikan dengan adanya TLR yang merupakan pusat kendali dari berbagai aplikasi, menjadi sarana bagi Pemkot untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan peningkatan kelola pemerintahan dan kualitas pelayanan publik yang lebih baik.

“Pemkot punya aplikasi Tangerang Live yang menjadi rumah besar dari aplikasi – aplikasi Pemkot,”

“Yang telah terintegrasi dengan OPD Pemkot Tangerang dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang,” papar Arief dalam kunjungan yang dipimpin langsung oleh Direktur Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik Selamatta dan Pengarah Negeri Pahang Encik Salmun Mustafa di ruang Tangerang Live Room, Puspem Kota Tangerang, Rabu (18/9).

Selain Tangerang Live, Wali Kota juga menyampaikan cara – cara yang ditempuh oleh Pemkot Tangerang dalam pemanfaatan sosial media sebagai saran menyampaikan program – program yang dilakukan oleh pemerintah daerah.

“Kami manfaatkan semua media mulai dari sosial media hingga media massa,”

“Untuk pemantauannya dilakukan oleh rekan – rekan di Tangerang Live Room,” terang Arief.

“Keluhan masyarakat juga bisa dimonitor dari TLR,” imbuhnya.

Wali Kota juga menyampaikan tentang pemanfaatan aplikasi milik Pemerintah Kota Tangerang yang telah diadopsi oleh berbagai kota dan kabupaten serta lembaga lain yang ada di Indonesia.

“Sampai saat ini sudah 35 daerah di Indonesia yang mengadopsi aplikasi yang dibuat oleh Pemkot Tangerang,” jelas Arief.

Sementara itu, Pengarah Negeri Pahang Encik Salmun Mustafa mengungkapkan pemanfaatan teknologi yang dilakukan oleh Pemkot Tangerang sudah berjalan dengan baik dan patut untuk dicontoh.

“Ke depan akan sangat bermanfaat tidak hanya untuk persoalan masyarakat, tapi bisa juga untuk persoalan transportasi bahkan bencana alam,” tutup Encik Salmun.(bono)

Continue Reading

Kota Tangerang

Kampung Talas, Pelopor Kampung Tertib Lalu Lintas

Published

on

TANGERANG, MO – Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah meresmikan Kampung Tertib Lalu Lintas (Talas) yang berada di RT. 02/04 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Karawaci, Rabu (18/09).

Dalam sambutannya, Wali Kota mengungkapkan Kampung Talas telah menjadi salah satu dari banyaknya kampung tematik yang ada di Kota Tangerang dimana kampung ini menjadi bentuk nyata kolaborasi nyata antara Pemkot dengan Polres Metro Tangerang Kota dalam mendorong masyarakat lebih peduli kepada lingkungan tempat tinggalnya.

“Kalau di kota-kota lain banyak taman lalu lintas, di Kota Tangerang ada Kampung Tertib Lalu Lintas,”

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman Polres Metro Tangerang Kota yang sudah ikut serta membantu terselenggaranya program Kampung Kita,” ungkapnya.

Dengan diresmikannya Kampung Talas, Arief mengharapkan agar kampung tematik baru ini bisa mengedukasi masyarakat yang berkunjung untuk lebih memahami rambu – rambu lalu lintas yang ada.

“Saya melihat ada rambu-rambu lalu lintas, mungkin ke depan bisa dibuat lebih menarik,”

“Ditambah ada perpustakaan mini, inikan menjadi metode pembelajaran yang mudah dicerna, terlebih bagi anak-anak usia dini,” sambung Wali Kota di acara yang juga dihadiri oleh irektur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan.

Senada dengan Wali Kota, Kaporles Metro Tangerang Kota Abdul Karim menjelaskan Kampung Talas menjadi salah satu bentuk aplikasi dari kegiatan Operasi Patuh Jaya agar masyarakat Kota Tangerang paham mengenai tertib berlalu lintas.

“Kita akan bantu sosialisasikan kepada masyarakat Kota Tangerang, semoga kedepannya semakin banyak kampung yang mengadopsi Kampung Tertib Lalu Lintas,” ungkapnya.

Peresmian Kampung Talas diikuti dengan pemberian Promotorer Reward oleh Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan kepada Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah, Kapolres Metro Tangerang Kota Abdul Karim, Dandim 05/06 Tangerang Letkol Inf. Wisnu Kurniawan dan Sanden Pom Jaya 01 Jatake Tangerang Letkol CPM R. Tri Cahyo Budi selaku pembina atas terbentuknya Kampung Tertib Lalu Lintas (Talas).(bono)

Continue Reading

Trending