Connect with us

Wisata

Mengunjungi Situs Wisata Religi Batu Qur’an Pandeglang

Published

on

Situs Wisata Religi Batu Qur'an di Kp. Cibulakan, Desa Kadu Bumbang, Kec. Cimanuk Kabupatan Pandeglang

PANDEGLANG, MO– Situs Batu Qur`an adalah salah satu jejak peninggalan Sultan VII Kesultanan Banten yakni Sultan Maulana Mansyur. Terletak di Kp. Cibulakan, Desa Kadu Bumbang, Kec. Cimanuk Kabupatan Pandeglang, situs wisata religi Batu Qur`an saat ini masih ramai dikunjungi oleh para peziarah khususnya dari wilayah Banten.

Berdasarkan penuturan masyarakat setempat situs Batu Qur`an berawal dari karomah yang di miliki oleh Syeh Maulana Mansyur. Setiap kali beliau akan menunaikan ibadah haji, beliau hanya dengan mengucap kalimat Basmalah, maka dengan seijin Allah beliau langsung berada di tanah suci Mekah dan prosesi itu di lakukan tepatnya di atas tanah Batu Qur`an sekarang berada.

Cerita punya cerita suatu saat beliau setelah selesai menunaikan ibadah haji dari tanah suci, beliau pulang sebagaimana halnya beliau berangkat tetapi entah karena apa beliau muncul bersamaan dengan air yang memancur dari dalam tanah dengan derasnya.

Menurut cerita, air yang memancur tersebut adalah air dari sumur zamzam dan memancur dengan derasnya serta tidak terkendali dan mulai menggenangi darerah sekitar. Syeh Maulan Mansyur bermunajat kepada Allah dengan melakukan shalat 2 rakaan di dekat memancurnya air di atas sebuah batu yang sekarang disebut dengan nama Batu Sajadah. Batu tersebut dapat kita jumpai di situs Batu Qur`an di sebelah Barat Kolam pemandian untuk laki-laki.

Selesai Syeh Mansyur shalat 2 rakaat, beliau mendapat isyarah untuk menutup tempat keluarnya air dengan kitab suci al-Qur`an. Dengan izin Allah air yang memancur berhenti dan kitab suci al-Qur`an yang di gunakan untuk menutup sumber keluarnya air tadi berubah menjadi batu, berdasar dari rangkaian kejadian itulah batu tadi disebut dengan nama Batu Qur`an.

Nama Cibulakan di ambil dari “Ci“ asal kata Cai dari bahasa sunda yang berarti “Air“ dan “Bulak“ asal kata bahasa daerah yaitu “Embulak“ yang artinya air yang membulak/memancar keluar dengan deras. Bagi pengunjung yang akan berkunjung ke sana tidak di kenakan biaya secara pasti, tetapi hanya di harapkan keihkalannya memberikan sumbangan untuk pembangunana tempat ziarah Batu Qur`an.

Situs wisata religi Batu Qur`an dapat ditempuh melalui alun-alun Pandeglang menuju arah pertigaan jalan ke Labuan terus lurus dan melanjutkan ke arah cimanuk, pada pertigaan cimanuk berjarak 7 KM. Dan berjarak 300 M sebelah kiri jalan sebelum pemandian sumber air Cikoromoy. (RIL/FER)

Wisata

Wisata dengan Konsep skywalk Alam di D’dieuland Punclut Bandung

Published

on

By

metaonline.id
istimewa

METAONLINE,- Bandung memang terkenal dengan wisatanya, mulai dari kuliner sampai keindahan pemandangan alamnya. Di dataran tinggi Bandung bagian utara, tepatnya daerah Lembang terkenal dengan kawasan wisata alamnya yang indah dan kesejukan udaranya yang masih asri.

Salah satunya kawasan wisata Punclut kini menghadirkan kembali lokasi terbaru yang diperuntukkan untuk rekreasi keluarga, yakni wisata D’dieuland. Wisata ini baru terbangun di akhir 2017.

Lokasi wisata D’dieuland Coblong berada di area seluas 5.500 meter, Objek wisata D’dieuland bisa memanjakan pengunjung siapa saja yang berkunjung semua kalangan dari anak-anak hingga orang dewasa.

Sebelumnya di Kawasan wisata Punclut ini telah hadir, seperti Tafso, Lereng Anteng, dan wisata resto guna memanjakan para wisatawan dalam menghabiskan waktu liburannya baik bersama pasangan maupun keluarga.

Pemilik D’dieuland, Ivan (38) melalui staff pengelola, Devi Ronald menjelaskan, bahwa wisata D’dieuland ini menjadi rujukan wisata rekreasi untuk keluarga di samping sebagai lokasi kongkow (nongkrong) bersama teman dan berfoto-foto.

Wisata D’dieuland ini Devi menyebut menawarkan konsep skywalk alam yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk menikmati alam Lembang dengan berjalan-jalan sepanjang 12 meter. (Sir/bbs)

Continue Reading

Nasional

Sambut Jakarta Fair Kemayoran 2018

Published

on

By

metaonline.id
istimewa

METAONLINE,- Dalam rangka memeriahkan HUT Kota Jakarta yang ke-491, event akbar Jakarta Fair Kemayoran akan kembali hadir menyapa masyarakat pada tahun ini. Ajang ini rencananya akan digelar selama 40 hari mulai 23 Mei – 1 Juli 2018 mendatang.

Sebagai ajang arena pameran dan hiburan terbesar se-Asia Tenggara, Jakarta Fair Kemayoran akan digelar dengan nuansa baru dan konten acara yang lebih menarik dibanding penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya.

Pada penyelenggaraan 2017 yang juga bertepatan dengan 50 tahun gelaran Jakarta Fair Kemayoran berhasil menarik sebanyak 6 juta pengunjung.

Dalam persiapannya, pihak panitia penyelenggara, PT Jakarta International Expo (JIExpo) akan terus berupaya meningkatkan dari segi kualitas dan kenyamanan bagi para peserta serta pengunjung.

Marketing Director PT JIExpo Ralph Scheunemann mengatakan, Jakarta Fair Kemayoran merupakan event akbar yang selalu dinanti masyarakat umum untuk itu perlu adanya peningkatan demi kenyamanan para peserta dan pengunjung.

Jakarta Fair Kemayoran secara rutin digelar setiap tahunnya, sejak tahun 1968 hingga saat ini tanpa pernah terputus. Bahkan dalam dua tahun terakhir, penyelenggaraannya bertepatan dengan Lebaran.

Hal ini menjadikannya tak hanya menjadi event pameran semata, melainkan menjadi destinasi wisata libur Lebaran masyarakat dari dalam dan luar Jakarta. (Sir/bbs)

Continue Reading

Banten Raya

9 Wisata Banten Paling Terkenal dan Terpopuler

Published

on

By

Pantai tanjung lesung
Pantai Tanjung Lesung. (istimewa)

WISATA, MO– Banten adalah sebuah provinsi di tatar pasundan yang terletak di ujung barat provinsi Jawa Barat. Provisi ini pernah menjadi bagian dari provinsi Jawa Barat namun menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000.

Karena lokasinya yang strategis, provinsi Banten memiliki potensi wisata yang menakjubkan sehingga sering menjadi destinasi wisata bagi masyarakat Indonesia bahkan Internasional.

Mengenai beberapa tempat wisata di Banten yang terkenal. Inilah beberapa nama tempat wisata Banten yang paling terkenal dan juga populer yang bisa Anda kunjungi, diantaranya adalah:

Pulau Umang di Banten

Pulau Umang di Banten

Yang pertama tempat wisata Banten yang sangat menarik untuk dikunjungi ini adalah Pulau Umang. Pulau ini menjadi salah satu tempat wisata favorit di Banten yang tidak boleh kamu Lewatkan. Karena lokasinya berdekatan dengan Tanjung Lesung, Banten, yakni sekitar 180 KM dari Jakarta. Tenpat wisata ini memiliki luas sekitar 5 Ha dan di khususkan sebagai tempat wisata yang dikelola oleh pihak swasta.

Jika kamu berlibur ke wisata Banten ini kamu bisa menemukan berbagai fasilitas yang disediakan di Pulau Umang ini, seperti dari kolam renang, karaoke, sarana olahraga, ruang pertemuan, permainan air, dan masih banyak lagi wahana lainnya yang sangat menarik.

– Pantai Tanjung Lesung di Banten

Pantai tanjung lesung

Selanjutnya wisata Banten yang juga wajib kamu kunjungi ini adalah Tanjung Lesung. Tanjung Lesung juga memiliki keindahan panorama pantai yang sangat mempesona, hamparan pasir pantainya yang putih bersih pasti akan membuat kita betah berwisata di tempat ini. Jika kamu ingin berwisata ke tempat ini kira-kira lokasinya berjarak sekitar 108 km dari Jakarta.

Wisata Banten ini adalah salah satu tempat wisata yang terbaik di Barat pulau Jawa yang banya sekali pengunjungnya. Lokasinya berada di Kabupaten Pandeglang, Banten. Wisata Tanjung Lesung ini memiliki luas sekitar 1500 hektar dengan berbagai fasilitas yang lengkap yang bisa memanjakan kamu juka sedang berkunjung ke pantai ini.

Di tempat wisata Banten ini kamu bisa bersantai dan juga bermain pasir. Selain itu kamu juga bisa menyelam, bermain olahraga air, memancing, dan juga menginap di villa yang sangat bagus yang banyak disediakan di sini. Dan yang terpenting jika kamu berkunjung pada waktu musim hujan, sebaiknya kamu berhati-hati, karena ombak di Tanjung Lesung ini cukup besar sehingga juga berbahaya.

– Wisata Religi Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten juga merupakan salah satu wisata Banten yang juga sangat terkenal. Masjid ini merupakan bangunan sejarah yang sudah berdiri sejak tahun 1569. Yang menarik dari tempat wisata ini adalah bentuk bangunan masjidnya yang memiliki gaya artsitektur beragam yakni Hindu, China, Jawa, dan Eropa. Tak hran jia banyak orang yang ingin menyaksikan keindahan tempat ini.

Selain itu jika kamu berkunjung ke tempat wisata Banten ini kamu juga akan menemukan peninggalan dari kerajaan Islam yang ada di Banten, bahka lengkap dengan makam orang-orang yang berjasa dalam pengembangan agama Islam di banten. Selain dikunjungi wisatwan yang ingin mengetahui sejarah islam, tempat ini juga dikujungi untuk berziarah.

– Gunung Krakatau di Banten

gunung krakatau banten

Ada lagi nih wisata Banten yang juga sangat menantang dan menarik untuk dikunjungi yakni Gunung Krakatau. Destinasi wisata di Banten ini memiliki daya tarik tersendiri yang tak boleh kamu lewatkan untuk dikunjungi. Apalagi jika kamu memiliki hobi mendaki gunung, maka disinilah tempatnya menguji nyali kamu.

Wisata Banten yang satu ini memiliki sejarah yang cukup panjang, dimana pernah meletus dan menyebabkan bencana yang dahsyat, bahkan sampai terasa ke mancanegara. Jika kamu ingin mencoba mendaki gunung Krakatau ini, kamu bisa mencoba fasilitas dari agen tur yang ada, disana ditawarkan mulai dari paket 1 hari hingga paket 4 hari yang menjadi pengalaman mendakimu semakin seru.

– Pantai Sawarna di Banten

Pantai Sawarna di Banten

Pantai Sawarna juga menjadi salah satu tempat wisata Banten yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini memang masih tergolong baru di eksploitasi dan belum terkenal seperti pantai Anyer, tetapi keindahan pantai ini juga sangat menawan dan masih sangat alami. Lokasi pantai Sawarna ini berada di Sawarna, yang berjarak kurang lebih 150 KM dari Rangkasbitung.

Wisata Banten ini cukup sering dikunjungi para wisatawan dari luar negeri yang biasanya berselancar, karena Pantai Sawarna memiliki ombak yang cukup besar. Selain itu, jika kamu ingin berkunjung di sana, sekarang ini sudah banyak disediakan penginapan di sekitar Pantai yang memudahkan untuk berwisata terutama yang ingin bermalam di Pantai Sawarna.

– Pulau Dua / Pulau Burung di Banten

Pulau Burung di Banten

Pulau dua atau yang lebih dikenal dengan sebutan pulau burung ini adalah tepat wisata Banten yang juga sangat terkenal dan populer. Pulau ini menjadi tempat wisata favorit para wisatawan karena cagar alam seluas 30 Ha ini menjadi rumah bagi banyak jenis burung. Jadi jika kamu pecinta burung, kamu bisa melihat keindahan dan berbagai jenis burung yang menarik di tempat ini.

Jika kamu ingin berwisata ke tempat ini, sebaiknya pada bulan April sampai dengan bulan Agustus saja, karena biasanya wisata Banten ini banyak sekali kedatangan burung dari berbagai benua yang berkunjung ke Pulau Burung ini sehingga lebih menarik. Dan setelah musim berlalu, maka sebagian besar burung tersebut kembali ke tempat asalnya, cukup seru bukan.

– Pantai Anyer di Banten

Pantai Anyer di Banten

Nah kalo wisata Banten yang paling populer dan sangat favorit kali ini adalah pantai Anyer. Sebagaimana sudah disebutkan di atas, pantai anyer merupakan salah satu destinasi wisata paling menarik di Banten. Kalau akhir pekan pantai ini selalu ramai oleh wisatawan, baik lokal maupun di luar Banten. Biasanya tempat wisata ini sering dikunjungi sebagai tempat wisata keluarga untuk menghilangkan penat.

Jika kamu ingin berunjung ke wisata Banten ini lokasinya berada di Kecamatan Anyer, Kabupatan Serang, Banten. disini kamu akan dimanjakan oleh hamparan pasir bersih dan putih halus. Aktifitas yang dapat kamu lakukan di Pantai Anyer ini seperti berenang, bermain pasir, bermain olahraga air, berselancar, menyelam, menikmati pemandangan pantai, hingga menyantap hidangan laut di pinggir pantai.

Selain itu jika kamu ingin bermalam di wisata Banten ini kamu tidak perlu khawatir, karena tersedia banyak sekali hotel di sekitar Pantai Anyer ini yang bisa kamu pilih. Karena itulah liburan kamu bisa semakin lengkap dan menyenangkan.

– Rawa Dano di Banten

Rawa Dano di Banten

Tempat wisata Banten yang juga tidak boleh kamu lewatkan keindahannya ini adalah rawa Dano atau sering disebut dengan Rano. Rano ini menjadi tempat wisata yang paling seru untuk dikunjungi, karena tempat ini memiliki keindahan alam yang sangat menarik dan indah. Tempat ini lokasinya berada di Kabupaten Serang dengan jarak sekitar 100 KM dari Jakarta.

wisata Banten ini adalah kawasan yang memiliki danau, rawa-rawa, dan juga hutan. Yang paling menarik di tempat seluas kurang lebih 2,500 hektar ini, banyak hidup berbagai jenis reptil seperti ular dan kadal. Menurut cerita, dulunya Rawa Dano adalah sebuah gunung berapi yang sudah tidak aktif lalu berubah menjadi sebuah danau yang di atasnya terdapat rawa-rawa.

– Kampung Baduy di Banten

Kampung Baduy di Banten

Tempat wisata Banten yang juga sangat seru untuk dikunjungi ini adalah kampung Baduy yag terletak di Lebak banten. Ternyata orang baduy tidak hanya ada di Arab ya. Kalau di Arab, Arab Baduy berarti Arab ndeso yang masih tertinggal dari peradaban. Jadi kalau kampung Baduy di Lebak ini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik dan uni di Banten.

Masyarakat Baduy masih menjaga adat dan budaya sunda yang sangat kental . Suku ini merupakan suku asli Banten. Setidaknya ada 8000 jiwa di wisata Banten ini yang terbagi menjadi Baduy Dalam dan Baduy Luar. Suku Baduy Dalam adalah Suku Baduy yang menolak dunia luar, sedangkan Suku Baduy Luar adalah suku Baduy yang lebih terbuka pada dunia luar. (Sir/bbs)

Continue Reading

Trending