Connect with us

Politik

KPU Umumkan Persyaratan Pengajuan Calon Walikota dari Parpol

Published

on

Ilustrasi Pemilihan Kepala Daerah. (ISTIMEWA/NET)

Cukup 10 Kursi di DPRD Untuk Maju di Pilkada Kota Tangerang

TANGERANG,MO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang mengumumkan persyaratan pengajuan bakal pasangan calon walikota dan wakil walikota Tangerang dari partai politik atau gabungan partai politik dalam Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2018.

Pengumuman tersebut mengacu kepada Keputusan KPU Kota Tangerang yang ditetapkan pada 19 Desember 2017. Dalam keputusan tersebut dinyatakan bahwa, partai politik atau gabungan partai politik dapat mengusulkan bakal pasangan calon dengan sedikitnya memiliki 20% kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau memperoleh 25% dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilu terakhir.

Komisioner KPU Kota Tangerang Banani Bahrul menjelaskan, bahwa pemilu terakhir adalah Pemilu 2014. Dengan jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang 50 kursi maka untuk dapat mengusulkan bakal pasangan calon, partai politik atau gabungan partai politik mesti memiliki paling sedikit 10 kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang.

“Ada alternatif selain berpatokan pada jumlah kursi, yakni jumlah perolehan suara. Jumlah suara sah hasil Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Tangerang dalam Pemilihan Umum Tahun 2014 adalah 791.029. Maka, untuk dapat mengusulkan bakal pasangan calon, partai politik atau gabungan partai politik paling sedikit memperoleh 197.758 suara,” terangnya.

Ketika ditanya tentang potensi hanya adanya satu pasangan calon alias calon tunggal, Bahrul menyatakan KPU Kota Tangerang akan menunggu kepastiannya pada hari pendaftaran, 8 hingga 10 Januari 2018. “Kita lihat saja nanti di tanggal 8 hingga 10 Januari ya,” tandasnya.

Namun, saat ditanya bagaimana langkah KPU Kota Tangerang ketika hanya ada satu pasangan calon, ia menjelaskan, akan mengacu kepada Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pencalonan yang telah diubah dengan Peraturan KPU Nomor 15 Tahun 2017.

“Jika ada partai politik yang belum mendaftar maka dilakukan perpanjangan pendaftaran,” tuturnya lagi.

Ia juga menambahkan, jika setelah diperpanjang tapi tetap hanya ada satu pasangan calon maka tahapan Pilkada Kota Tangerang dilanjutkan.

CANDRA IRAWAN

Banten Raya

Pasca Putusan MK, PDIP Banten Ajak Masyarakat Bersatu

Published

on

BANTEN,MO – Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak seluruh permohonan gugatan hasil Pilpres 2019 yang diajukan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dengan putusan ini, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin tetap memenangi Pilpres 2019.

Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI-Perjuangan) Provinsi Banten Sri Hartati SH mengatakan, pihaknya mungucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat Banten yang telah mengikuti pesta demokrasi dengan baik, aman dan lancar.

“Mari kita rajut kembali persatuan dan kesatuan Indonesia,” ujarnya.

Perbedaan sikap politik, lanjut Sri, merupakan hal yang lumrah dalam bingkai demokrasi. “Oleh karena itu, mari sama-sama kita hilangkan istilah orang #01 dan/atau orang #02, yang kita bangun hari ini dan yang akan datang adalah kesatuan, kerukunan, gotong-royong untuk Banten dan Indonesia yang lebih baik lagi,” jelasnya.

“Kami sampaikan juga trimakaih kepada penyelenggara Pemilu, baik KPU (Komisi Pemilihan Umum-rd), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) baik tingkat provinsi, kabupaten/kota se-provinsi Banten serta para petugas-petugas dilapangan baik KPPS, PPK, saksi-saksi, TNI/Polri yang bekerja dengan luar biasa menjaga keamanan dan kelancaran pesta demokrasi,” sambung Sri.

Sri juga menuturkan, kesejahteraan masyarakat Banten dan Indonesia adalah harapan kita semua. “Saatnya kita saling asah (mendidik), saling asih (menyayangi) dan saling asuh (membina) untuk mewujudkan Banten dan Indonesia yang maju,” pungkasnya. (dung)

Continue Reading

Nasional

Joker Optimis Menangkan Jokowi-Ma’ruf di Tangerang

Published

on

Relawan Jokowi Kerja (Joker). (Ist)

TANGERANG,MO – Relawan Jokowi Kerja (Joker) optimis dapat memenangkan Pasangan Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma’ruf Amin di daerah Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang pada Pilpres mendatang.

Dalam wawancara, Koordinator Wilayah Relawan Joker, Gus Imron mengatakan bahwa warga Tangerang sudah mulai merasakan betul akan hasil kongkret dari kinerja pemerintahan Jokowi selama ini. Sehingga pihaknya pun yakin, pasangan 01 Jokowi-Ma’ruf dapat meraup suara di angka minimal 60% suara.

“Dengan terus menerus melakukan blusukan door to door untuk mensosialisasikan keberhasilan pembangunan Jokowi saat ini, mulai dari RT, RW sampai Kecamatan, maka kami yakin akan mendapatkan suara melebihi dari pasangan lawan,” ucap Gus Imron, Rabu (6/3/2019) lalu.

Menurut Gus Imron, selama kurang lebih 4,5 tahun ini banyak program Jokowi yang menyentuh langsung ke masyarakat. Mulai dari dana desa yang lebih diperuntukkan infrastruktur Desa, Kartu Indoensia Sehat untuk kesehatan masyarakat, Kartu Indonesia Pintar, sampai Program Keluarga Harapan.

“Dari beberapa program tersebut hanya bertujuan untuk menjadikan Desa utuh beserta seisinya,” katanya.

Tak sampai disitu, lanjut Gus Imron, pembagian Sertifikat Tanah bagi masyarakat Indonesia menjadi salah satu bukti nyata yang terlihat dan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat banyak.

“Saat ini, sedikitnya sebanyak 5000 sertifikat tanah yang sudah dibagikan di Banten, termasuk Kabupaten dan Kota Tangerang. Pemerintah akan membagikan sekitar 500 ribu sertifikat per tahunnya,” ungkapnya.

“Ini menunjukkan bahwa program pemerintah di bawah pimpinan Bapak Jokowi benar-benar realistis dan layak untuk dipertahankan pada periode mendatang,” tukasnya.

Inilah fakta-fakta pembangunan dan perubahan menuju perbaikan memang nyata adanya dan harus terus dipertahankan demi kemajuan Indonesia.

Gus Imron pun menegaskan bahwa Relawan Jokowi Kerja yang berada di Tangerang akan senantiasa bekerja keras mengawal masyarakat Tangerang agar tidak mudah termakan informasi yang sifatnya tidak bisa dipertanggungjawakan.

Hal senada juga diungkapkan oleh Koordinator Nasional Joker, Munadi Herlambang, bahwa Pemerintah saat ini benar-benar terasa memperhatikan rakyatnya.

“Saya rasa belum ada tandingannya bahwa Pemerintahan Jokowi memang membuat perubahan dari mulai paling atas sampai dengan paling bawah, paling atas yang saya maksud adalah infrastruktur sebagai dasar penopang ekonomi Indonesia, dan paling bawah adalah masayarakat dari mulai kaum Millenial hingga Manula, ini belum ada pada pemerintahan sebelumnya, oleh karenanya saya optimis elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin khususnya di Tangerang akan sangat tinggi,” pungkasnya. (uad)

Continue Reading

Nasional

Relawan Gatot Siap Menangkan 02 Dengan Cara Apapun

Published

on

Ketum Umum BPN Prabowo - Sandi Djoko Santoso hadiri deklarasi gerakan total menangkan pasangan no urut 02. (Ist)

NASIONAL,MO – Relawan Gatot Nurmantyo dari Jaringan Nasional Garda Depan (JAGAD) menggelar rapat koordinasi nasional (RAKORNAS) guna tentukan dukungan Pilpres 2019. Rakornas pekan lalu itu menghasilkan dukungan kepada pasangan Prabowo-Sandi dilanjutkan Deklarasi Nasional Gerakan Total For Prabowo Sandi yang diikuti perwakilan JAGAD dari 34 provinsi di Hotel Lorin Solo,  Sabtu (23/2/2019).

Secara simbolis, hasil RAKORNAS diserahkan kepada Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso.

Dalam Sambutanya Ketua BPN Djoko Santoso, mengapresiasi gerakan total yang diusung JAGAD. Dia yakin gerakan total tersebut dapat mengalahkan ‘perang total’ yang diusung Moeldoko dari tim Jokowi-Ma’ruf. “Gerakan total bisa mengimbangi dan Mengalahkan Moeldoko yang mengusung total war,” ujar Djoko.

Dukungan relawan Gatot Nurmantyo kepada Prabowo itu disakralkan di Hotel Lorin Surakarta, melalui deklarasi perwakilan pengurus Jagad dari 34 Propinsi Se Indonesia. Nantinya, pengurus JAGAD akan Gerilya Turun Gunung dengan Gerakan Total memenangkan pasangan nomor 02.

“GERAKAN TOTAL ini adalah jawaban maka kami akan lakukan cara berbedadan segala cara. Gerilya JAGAD akan melakukan segala cara agar bisa memenangkan Prabowo-Sandiaga dalam kontestasi politik Pemilu 2019 ini,” tutur Ketua Presidium Nasional JAGAD, Agus Yusuf.

Menurut dia, daya Gerakan Total yang terpenting pilih Prabowo-Sandiaga, Menang dan untuk kesejahteraan rakyat. Dukungan yang diberikan kepada Prabowo-Sandi tidak sepihak. Tetapi, keputusan berdasarkan hasil dari rapat koordinasi nasional (Rakornas) JAGAD yang digelar sehari sebelumnya di Hotel Lorin.

Rakornas yang dihadiri perwakilan dari 34 provinsi di Indonesia menghasilkan kesepakatan bersama untuk mendukung kepada paslon 02 Prabowo-Sandiaga.

“Mari kita adu strategi Total, Kami menginginkan ada perubahan di Indonesia, sehingga setelah RAKORNAS dan DEKLARASI ini Gerilya 5 Juta Relawan JAGAD yang akan kami komando bersama dan hanya satu kata siap untuk memenangkan paslon 02. Dengan tagline GERAKAN TOTAL FOR PRABOWO SANDI,” tegasnya.

Seperti diketahui, JAGAD berdiri sejak satu tahun lalu, awalnya menginginkan agar Jenderal TNI (Purn) Gatot Nurmantyo bisa maju dalam Pilpres 2019. Namun, kata Agus Yusuf, karena pak Gatot Nurmantyo hingga batas pendaftaran tidak ada partai yang mengusung. Relawan JAGAD tetap melakukan dukungan terhadap beliau sampai kapanpun. dan pada pilpres 2019 ini kami dukung Capres Cawapres 02.

Sebelumnya, Moeldoko diketahui memang pernah membahas soal “perang total” dan center of gravity terkait strategi pilpres kubu petahana, yakni pasangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan cawapres Ma’ruf Amin. Pembahasan tersebut disampaikan Moeldoko pada saat rapat pleno para petinggi Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf di Gedung High End Jakarta, Rabu (13/2).

“Strategi, saat ini kita menyebutnya dengan istilah perang total. Di mana hal-hal yang kita kenali adalah menentukan center of gravity dari sebuah pertempuran itu. Kita sudah memiliki center of gravity itu, sehingga kita tahu harus bagaimana setelah mengenali center of gravity itu,” ujar Moeldoko. (uad)

Continue Reading

Trending