Connect with us

Kota Tangerang

KIP Apresiasi SMS Gateways PDAM TB

Published

on

Tim KIP Banten melakukan pemantauan di PDAM TB, Senin (12/11/2018).

TANGERANG, MO – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng (TB) Kota Tangerang dinilai Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Banten. KIP menguji diukur dari layanan SMS Gateway guna mengetahui keterbukaan informasi PDAM TB.

Komisioner Komisi Informasi Provinsi Banten, Hilman mengatakan, terdapat beberapa kategori yang dinilai dalam pemantauan dan evaluasi keterbukaan informasi publik di Provinsi Banten. Di antaranya, seperti organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah kota dan kabupaten, organisasi vertikal (Kejaksaan dan KPU) serta BUMD Se Provinsi Banten.

“Indikatornya, khususnya BUMD, itu fokus menerapkan pasal 9,10, dan 11 Undang Undang 14 tahun 2018. Jadi informasinya berkala dan setiap saat serta merta,” ucapnya ketika ditemui, Senin (12/11/2018).

Hilman mengatakan, dari uji layanan itu, PDAM Tirta Benteng dinilai telah mencantumkan ketiga pasal yang ditentukan. Namun, sambungnya, ada beberapa poin yang mesti disempurnakan.

Hikman merinci sejumlah tindak lanjut yang mesti dilakukan PDAM TB. Beberapa di antaranya yakni, perlunya pencantuman laporan keuangan, struktur PPID dalam bentuk salian fisik serta digital.

“Kalau dilihat dari trand, di PDAM Tirta Benteng ini ada terobosan terobosan baru yang dilakukan. Seperti adanya inovasi berupa SMS Gateway untuk kepuasan pelanggannya” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Hilman meminta PDAM Tirta Benteng membuat fitur khusus bagi non-pelanggan. Gunanya, sambung Hilman, untuk pemenuhan hak informasi.

“Kita melihatnya sih optimis PDAM dapat melakukan hal itu,” tambahnya.

Direktur Utama PDAM TB, Sumarya mengapresiasi langkah penilaian yang dilakukan oleh Komisi Informasi Publik Provinsi Banten. Bahkan, Sumarya meminta agar dibimbing terkait transparansi di PDAM Tirta Benteng dapat berjalan.

“Sekarang sudah jamannya transparansi. Kami sudah membuka layanan pengaduan di medsos dan kami juga sudah siapkan teknisnya. Kami mohon bimbingannya,” ujarnya. (agr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kota Tangerang

Kantor Ramah Disabilitas

Published

on

TANGERANG, MO – Keberadaan para penyandang disabilitas seringkali diabaikan. Baik dalam hal kesempatan untuk maju maupun dari segi pelayanan sosial acap kali mereka terlupakan.

Di kantor Kecamatan Cipondoh, stigma itu coba dihapus. Salah satu caranya adalah dengan mewujudkan kantor pelayanan ramah disabilitas. Di kantor yang terletak di Jalan KH Hasyim Ashari No. 2, RT.003/001, tersebut, kaum difabel mendapat prioritas pelayanan dari petugas. Selain disediakan sarana trek untuk kursi roda, di ruang pelayanan juga disediakan loket khusus bagi kaum berkebutuhan khusus tersebut.

Seperti Kamis (21/11) pagi. Begitu tiba di halaman, aparat kecamatan yang terdiri dari petugas keamanan dan Trantib setempat begitu sigap membantu warga yang disabilitas. Bahkan, dari dua orang pihak keluarga yang datang mendampingi terlihat cukup dimudahkan, sehingga akhirnya hanya satu orang perwakilan keluarga yang benar-benar ikut mengurus. Sementara, seorang keluarga lainnya memilih menunggu di kendaraan.

Camat Cipondoh, Rizal Ridholloh, menyampaikan, sebagai kantor pelayanan, Kecamatan Cipondoh sebisa mungkin mempermudah akses untuk warganya, terlebih bagi kaum disabilitas. “Treknya sudah ada, kursi rodanya pun kita siapkan, malah tempat khususnya kita tidak lupakan,”jelasnya.

Menurut mantan Kabid Pariwisata pada Dinas Budpar ini, saat ini pihaknya menyiapkan tujuh loket pelayanan untuk masyarakat umum, sedangkan loket ke delapan dikhususkan bagi kaum disabilitas. “Walaupun misalnya keperluannya kaum difabel itu di loket satu, tetap kami layani kelompok disabilitas ini di loket delapan,” jelasnya.(bono)

Continue Reading

Kota Tangerang

Tingkatkan Kualitas APIP, Inspektorat Gelar Sosialisasi Peraturan Perundangan

Published

on

TANGERANG, MO – Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin hadir sekaligus membuka acara Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan di Lingkungan Inspektorat, yang digelar oleh Inspektorat Kota Tangerang di Aula Kantor Inspektorat, Rabu (21/11).

Dalam Sosialisasi tersebut, Wakil Wali Kota Tangerang menegaskan bahwa keberadaan Inspektorat diposisikan sebagai pencegahan tindak pidana korupsi.

“Inspektorat sebagai garda terdepan dalam pencegahan tindak pidana korupsi , untuk itu setiap pegawai yang ada didalamnya harus mengerti aturan yang terus diperbaharui dan meningkatkan kualitasnya sebagai pemeriksa,” jelas Sachrudin.

Sementara itu, Inspektur Kota Tangerang Dadi Budaeri turut menambahkan bahwasannya acara yang dselenggarakan dalam satu hari ini diharapkan dapat menambahkan wawasan terkait dengan peran dan fungsi Inspektorat.

“Sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia mengenai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus dilakukan penguatan dibeberapa sektor,”

“Seperti kapasitas dan kopetensi sumber daya manusianya (SDM), jumlah SDM dan kecukupan anggaran,” tandas Dadi.(bono)

Continue Reading

Kota Tangerang

SDN Tanah Tinggi 1 Peringati Hari Ikan Nasional

Published

on

TANGERANG, MO – Ada pemandangan tak biasa di SDN Tanah Tinggi I, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang pada Kamis (21/11/2019). Khusus hari ini pihak sekolah meminta siswa untuk membawa bekal serba olahan ikan.

Hal tersebut ternyata dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh pada 21 November. “Setiap hari anak-anak membawa bekal dari rumah, hanya khususnya hari ini menunya ikan sesuai dengan hari ikan nasional,” kata Kepala sekolah SDN Tanah Tinggi 1, Yeti Sulistyawati, Kamis (21/11/2019).

Kata Yeti, tujuan diperingatinya Hari Ikan Nasional untuk memberikan pembelajaran terhadap anak agar mau mengonsumsi ikan. “Ikan bisa diolah dengan beraneka ragam sesuai keinginan anak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut juga dilakukan agar anak gemar makan ikan yang manjadi sumber gizi dan protein tinggi. “Ikan salah satu asupan makanan yang juga memengaruhi kecerdasan anak, karenanya anak-anak harus gemar makan ikan yah,” imbau Yeti kepada siswa SDN Tanah Tinggi 1.(bono)

Continue Reading

Trending