Kembang Mayang Lahirkan Pengrajin Batik

0
224

TANGERANG, MO – Pasca diresmikan 15 September 2018 oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, Kampung Batik Kembang Mayang di RW 11 Larangan Selatan, telah banyak memberikan manfaat kepada warga sekitar maupun diluar Kota Tangerang.

Selain lingkungan setempat berubah indah dan menjadi tempat destinasi wisata baru karena tembok rumah warga di cat batik, juga lahir pengrajin batik.

Ketua Kampoeng Batik Kembang Mayang Larangan, Zulifni Adnan, mengatakan, konsep kampung batik yang diusung tak hanya sekadar pada mengecat tembok bermotifkan batik, tetapi, pada sisi manfaat lainnya yakni lahirnya pengrajin batik.

Lalu, ada juga peserta dari luar Kecamatan Larangan yang ikut dalam pelatihan membatik dan kini membuka usaha seperti pembatik dari Kecamatan Pinang.

Pengrajin batik tersebut, membuat aneka macam produk seperti taplak meja, sarung bantal dengan motif batik. Penjualannya pun dilakukan secara online, sehingga Kampung Batik Kembang Mayang menjadi lebih dikenal publik.

“Target kami adalah, agar muncul pengrajin batik yang tak hanya berpusat di Larangan Selatan tetapi seluruh wilayah. Kini sudah banyak pengrajin yang terlatih,” ujarnya.

Dikatakannya, Sanggar Batik Kembang Mayang membuka pelatihan setiap hari Rabu dan Jumat pukul 10.00 WIB dan 16.00 WIB. Kelas ini dibuka untuk umum dan siapa saja bisa daftar.

Bahkan, kini rutin memberikan pelatihan hingga ke luar wilayah. Seperti halnya pada pekan depan, melatih 100 siswa di Ciputat.(bono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here