Connect with us

Kota Tangerang

Expedition Camp 2018 Kota Tangerang Siap Digelar

Published

on

metaonline.id

TANGERANG, MO – Tidak lama lagi Provinsi Banten akan kedatangan beberapa performance artist, dari beberapa wilayah di indonesia dan mancanegara. Kedatangan mereka dalam rangka memeriahkan acara Expedition Camp 2018 yang digagas oleh Yayasan Semangat Berbagi (SEMANGGI) Kota Tangerang.

Berbeda dengan bentuk-bentuk acara performance Iainnya di Indonesia, Expedition Camp 2018 hadir sebagai acara seni performance yang dirancang untuk tampil di ruang-ruang publik. Di dalamnya para peserta juga akan berbagi pengetahuan serta pengalaman kekaryaan individu.

Laila Putri Partawati selaku Artistic Director mengatakan, Expedition Camp 2018 dikuratori oleh Ferial Afiff. Platform ekspedisi performance ini tidak hanya menjadi ajang perform, tetapi Iebih menekankan pada pembelajaran antar pelaku dan berbagi metode personal kepada penonton.

“Sehingga membuka kemungkinan bagi kita untuk berbagi pengalaman berbentuk praktik maupun diskusi. Kita akan belajar dari berbagai latar belakang, serta bekerja sama selama keseluruhan ekspedisi berlangsung, bahkan bisa berkolaborasi dengan antar pelaku,” ujarnya dalam keterangan tertulis kepada Metaonline.id, Rabu (8/8).

Ekspedisi akan berlangsung mulai 10 hingga 17 Agustus 2018 di Tangerang dan Serang Provinsi Banten. Kegiatan tersebut berupa kemah selama 5 hari 4 malam, aksi sehari di Kampung Cacing dan Kuil Durga Maa di Tangeran.

Sebetulnya lanjut Laila, ada 40 nama seniman yang diajukan ke kurator, namun ada 25 nama yang lolos kurasi. Para pelaku performer yang terpilih itu sebanyak 18 orang dan berasal dari berbagai kota di Indonesia dan luar negri.

“Mereka yang diundang, mempunyai beragam latar belakang dan tidak hanya seni rupa dan seni pertunjukan pada umumnya. Tidak hanya bicara seni teater, musik, dan seni tari atau sastra saja, tapi sudah ke lintas media,” ungkapnya.

Platform seni performance dalam bentuk ekspedisi seperti ini telah berlangsung beberapa kali sejak awal 2017, dimulai dengan studi selat sunda, kongkorongox112 di Cirebon, sampai seri serangan seni di Serang.

Dalam Expedition Camp 2018 ini, akan hadir artis dari berbagai daerah dan negara, seperti Aziz Amri (Jakarta/ID), Ceej Gomera (Filipina), Edi Bonetski (Banten/ID), Ella Wijt (Jakarta/ID), Entri Sumantri (Bandung/ID), FJ Kunthing (Yogyakarta/ID), Jewel A Rob (Bangladesh), Kurt D Peterson (Jakarta/ID), Haryo Hutomo (Jakarta/ID), Nguyen Dinh Phuong (Vietnam), (Ridwan Rau-rau (Jakarta/ID), Putri Wartawati (Banten/ID), Shaker Nasrin Toontoon (Bangladesh), Syfa Koesoemo (Banten/ID), Syska La Vegie (Surabaya/ID), Thing Yung Chang (Taiwan).

CANDRA IRAWAN

Komunitas

Karnaval Sepeda Hias, Mulai Dari Hewan dan Pesawat Tempur Berkeliaran di Kota Tangerang

Published

on

Ratusan warga Cipondoh memeriahkan HUT RI ke 73 dengan Karnaval Sepeda Hias, Jumat (17/8/2018).

TANGERANG,MO – Merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, hewan dan pesawat tempur sisir jalan di Kota Tangerang. Penampakan hewan buas, pesawat tempur dan miniatur lainnya kali ini merupakan hasil buah tangan warga di Kecamatan Cipondoh yang melangsungkan lomba karnaval sepeda hias pada Jumat, (17/8/2018).

Setelah melangsungkan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman samping Kecamatan Cipondoh, ratusan sepeda yang telah dihias langsung berkeliling menuju Jalan Hasyim Ashari. Kreasi sepeda hias sejumlah warga tersebut Adapun penampakan sontak jadi perhatian pengendara jalan. Kreatifitas sepeda hias itu di antaranya menyerupai hewan seperti buaya, hiu, capung, belalang sembah dan kura-kura.

Selain hewan, kreatifitas dari warga RW 02 dan 03 Kelurahan Cipondoh Makmur ini, juga menampilkan miniatur Pesawat Tempur RI, dan juga Tugu Adipura Kota Tangerang. Abdul Malik salah seorang Ketua Karang Taruna Unit 03 mengatakan perlombaan ini rutin digelar setiap tahunnya.

“Ini rutin kami lakukan setiap tahun. Pelopor acara ini ialah para remaja yg tergabung dalam Remaja Islam Al Jihad (RIAD) dan Himpunan Pecinta Alam (HIPALA) RIAD basecamp gabungan dengan beberapa RT yang ada dilingkungan RW 02 dan RW 03,” terang dia di lokasi pada Jumat, (17/8/2018).

Saat ditanyakan ihwal tema yang diangkat, Malik mengatakan kali ini pemuda kebanyakan membuat sepeda hias mereka bertemakan binatang. Pasalnya tidak sedikit menurutnya peserta dan panitia yang merupakan pecinta alam.

“Kalau yang hewan itu kebanyakan yang buat anak Hipala. Tetapi untuk yang lainnya seperti sepeda kecil dengan hiasan yang ditunggangi anak-anak itu mereka membuat hiasan beragam, dan ada juga yang membuat Tugu Adipura karena menurut dia melambangkan Kota Tangerang,” bebernya.

Kali ini Malik mengatakan karnaval sepeda hias diikuti kurang lebih 100 orang. Menurut dia perlombaan ini digelar untuk memupuk kebersamaan dan juga kereatifitas pemuda di wilayahnya.

“Seperti merebut kemerdekaan, kebersamaan dan kerjasama merupakan hal penting. Dengan itu, lomba ini kami gelar tanpa menentukan usia agar semua bersatu,” terangnya.

Dia menambahkan meskipun memakan biaya yang cukup besar, pihaknya tidak melibatkan pemerintah sekitar.

“Ini dananya swadaya, kami sempat mengajukan permohonan dana tapi mereka punya kegiatan lain. Jadi mereka ikut partisipasi saja, semoga kedepan kita bisa terus meningkatkan semangat kemerdekaan Indonesia,” tukasnya.

CANDRA IRAWAN

Continue Reading

Kota Tangerang

Usai Upacara Bendera, Pemkot Tangerang Canangkan Kampung Sejahtera Mandiri

Published

on

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah saat berpidato di Upacara Pengibaran Bendera di Lapangan Ahmad Yani, Tangerang, Jumat (17/8/2018). Pencanangan KSM dimulai tahun ini.

TANGERANG, MO – Peringatan Kemerdekaan ke-73 digelar Pemkot Tangerang di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang. Selain pengibaran Bendera Merah Putih, di momen kali ini Pemkot juga mencanangkan pembentukan Kampung Sehat Mandiri.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, Kampung Sehat Mandiri (KSM) akan menyasar seluruh masyarakat di 985 RW di Kota ini. Ia juga berharap masyarakat bisa berpartisipasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masing-masing lingkungan dengan kemandirian.

“Kampung Sejahtera Mandiri mendorong sinergitas antara masyarakat, pemerintah dan juga dunia usaha untuk terlibat membangun kota. Mudah-mudahan dihari ulang tahun Republik Indonesia Ke-73 ini membawa program-program pemerintah dan masyarakat ke arah yang lebih baik, serta kemajuan dan kemaslahatan untuk kota Tangerang,” ujar Arief, Jumat, (17/8/2018).

Lebih lanjut, Arief menjelaskan, KSM merupakan kampung yang secara mandiri dapat memenuhi hak dasarnya berupa sandang, pangan dan papan termasuk juga bisa memenuhi kebutuhan dasarnya berupa pendidikan dan kesehatan. Konsep dari kampung KSM ialah mendata masyarakat yang tidak mampu, dan tidak mendapatkan fasilitas prasarana.

“Setelah didata, masyarakat akan diberikan pelatihan seperti kewirausahaan, pengembangan UKM dan lain sebagainya. Nantinya seluruh SKPD (dinas) yang lain akan bersinergi dan saling terintegrasi dalam program untuk terus meningkatkan kemajuan kota ini,” jelas Walikota.

CANDRA IRAWAN

Continue Reading

Kota Tangerang

HUT RI ke-73, Masyarakat Kota Tangerang Diminta Tetap Bersinergi

Published

on

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengibarkan duplikat Bendera Pusaka di Lapangan Ahmad Yani, Tangerang, Jumat (17/8/2018). Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah meminta warga galakkan kerjasama dengan pemerintah daerah.

TANGERANG, MO – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-73 dengan pengibaran Bendera Merah Putih di Lapangan Ahmad Yani, Kota Tangerang. Dipimpin Walikota Tangerang Arief R Wismansyah, pengibaran Bendera itu berlangsung khidmat.

Dalam sambutannya, Arief meminta masyarakat Kota Tangerang dengan segala dinamika dan tantangan yang ada. Untuk tetap bekerjasama dengan Pemkot.

“Kita harus bersatu padu bersama-sama untuk mau berbuat, berperan aktif, dan berkontribusi dalam pembangunan nasional khususnya untuk kota Tangerang,” ujar Walikota, Jumat (17/8/2018).

Selain itu, di HUT RI tahun ini Pemkot juga memberikan instruksi setiap kecamatan hingga ke tingkat Rukun Warga (RW) agar melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih. Hal itu dijelaskan Kecamatan Batuceper Nurhidayatullah.

“Kita wilayah dalam hal ini kecamatan menindaklanjuti instruksi Walikota agar RW melaksanakan upacara di masing-masing wilayahnya. Itu semua sudah dikomunikasikan termasuk di kecamatan Batuceper dan kami sudah menerima laporan kegiatannya,” ungkapnya.

CANDRA IRAWAN

Continue Reading

Trending