DPMP3AKB Tangsel Adakan Pelayanan KB di 4 Lokasi

0
97

TANGSEL, MO – Dalam rangka memperingati hari kontrasepsi sedunia, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) mengadakan gebyar pelayanan KB berupa safari pelayanan KB yang dilaksanakan di empat lokasi yang ada di Tangsel.

Keempat lokasi yakni Kelurahan Sawah, Kelurahan Pondok Ranji, Kelurahan Cilenggang, dan Kecamatan Pondok Aren.

Kepala DPMP3AKB Tangsel Khairati, menjelaskan, gebyar pelayanan KB ini merupakan arahan dari BKKBN Pusat melalui surat edaran tertanggal 32 Juli 2019 dengan nomor

2545/TU.201/E2/2019 tentang Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Tahun 2019 yaitu sebagai wahana peningkatan komitmen dan dukungan berbagai pihak dalam percepatan pencapaian program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang menitikberatkan pada peningkatan cakupan pelayanan KB.

“Dengan KB dapat mendukung langsung upaya penurunan laju pertambahan penduduk di kota Tangsel, dimana Tangsel merupakan Kota dengan laju pertumbuhan penduduk tertinggi di Provinsi Banten,”ungkapnya.

Kepala Bidang Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera pada DPMP3AKB Tangsel, Ellen Hutabarat, mengungkapkan gebyar pelayanan KB ini diharapkan meningkatkan cakupan pelayanan KB secara signifikan serta mengedukasi masyarakat mengenai program KKBPK yang nantinya berdampak pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat Tangsel. “Kita ingin meningkatkan pelayanan KB dan kesehatan reproduksi guna mencapai Indonesia sehat,”singkatnya.

Dalam gebyar KB ini dilakukan pemasangan alat kontrasepsi jangka panjang yaiut Intra Uterine Device (IUD) dan Implan (susuk KB), dimana pelayanan dilakukan mulai pukul 08.00 Wib. Petugas yang diturunkan sebanyak 60 orang terdiri atas dokter penanggung jawab dua orang, bidang 16 orang, PLKB 40 orang dan administrator kegiatan sebanyak dua orang.

Dari keempat lokasi pelayanan yang dilaksanakan berturut-turut tersebut capaian akseptor yang dilayani sebanyak 205 akseptor.(BR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here