Connect with us

Kota Tangerang

BPBD Kota Tangerang Sigap Tanggulangi Bencana

Published

on

BPBD Kota Tangerang memberikan penyuluhan sigap bencana kepada warga di Neglasari, Kamis (22/11). (Ist)

Berikan Penyuluhan Kepada Warga di Neglasari

TANGERANG – Untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya kebakaran di wilayah, tepatnya di Kelurahan Kedaung Baru, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan penyuluhan terhadap masyarakat.

Penyuluhan tersebut diikuti oleh 50 orang peserta yang berasal dari RT/RW se Kelurahan Kedaung Baru, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang. Kegiatan yang berlokasi di aula kantor Kelurahan Kedaung Baru tersebut lebih difokuskan pada pencegahan bahaya kebakaran.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Irman Pujahendra mengatakan, penyuluhan pencegahan bencana ini sebagai langkah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk sigap dan tanggap ketika terjadi bencana.

“Masyarakat harus paham ketika terjadi bencana, mulai dari bencana alam hingga kebakaran. Untuk itu, kami memberikan penyuluhan pencegahan bencana kepada masyarakat,” ujar Irman Pujahendra seraya menambahkan, kebakaran pada umumnya dipicu oleh beberapa hal seperti korsleting listrik, bahan bakar atau bahan mudah terbakar (lilin, tabung gas, api rokok, kompor dan lain-lain).

Apabila terjadi kebakaran, maka jangan panik dan cari sumber api untuk melakukan pemadaman jika masih bisa dilakukan. Namun, jika tidak, segera cari jalan keluar yang aman.

“Evakuasi dan selamatkan semua orang atau anggota keluarga yang ada. Lalu matikan listrik dan kompor,” tegas Irman.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangerang, Bisri menerangkan, ini merupakan salah satu cara untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat saat terjadi bencana alam (gempa bumi dan kebakaran). Masyarakat bisa menyalurkannya nanti ke keluarga maupun masyarakat lainnya.

“Jika terjadi gempa jangan panik, cari tempat berlindung yang aman,” pungkas Bisri seraya menambahkan, jika berada di dalam ruangan berlindunglah dibawah meja untuk melindungi bagian kepala,” jelas Bisri.

Dikatakan Bisri, jika terjadi gempa, segera cari tempat berlindung seperti berlindung di bawah meja dengan memegang kaki meja. Jangan lupa lindungi kepala bisa dengan tas, atau minimal dengan tangan.

“Jauhkan diri dari benda pecah belah, lemari, dan semua benda yang masuk kategori berat dan bisa menindih. Tetap waspada dan perhatikan pergerakan benda-benda di sekitar Anda,” pungkas Bisri seraya menambahkan, bagi yang berada di dalam gedung, secepat dan seaman mungkin keluar dari gedung setelah gempa berhenti dan jangan memakai lift dan hindari bagian gedung yang rusak.

Lurah Kedaung Baru, Wawan Gunawan mengatakan, jika kegiatan ini sangat penting sekali untuk disosialisasikan kepada masyarakat. Sebab, adanya sosialisasi seperti ini masyarakat lebih paham apa yang harus dilakukan ketika terjadi bencana.

“Mudah-mudahan penyuluhan pencegahan bencana ini bisa disampaikan ke masyarakat sekitar, sehingga secara tidak langsung mereka (masyarakat) akan tanggap dan sigap saat terjadi bencana,” paparnya. (Adv)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kota Tangerang

SDN Tanah Tinggi 1 Peringati Hari Ikan Nasional

Published

on

TANGERANG, MO – Ada pemandangan tak biasa di SDN Tanah Tinggi I, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang pada Kamis (21/11/2019). Khusus hari ini pihak sekolah meminta siswa untuk membawa bekal serba olahan ikan.

Hal tersebut ternyata dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh pada 21 November. “Setiap hari anak-anak membawa bekal dari rumah, hanya khususnya hari ini menunya ikan sesuai dengan hari ikan nasional,” kata Kepala sekolah SDN Tanah Tinggi 1, Yeti Sulistyawati, Kamis (21/11/2019).

Kata Yeti, tujuan diperingatinya Hari Ikan Nasional untuk memberikan pembelajaran terhadap anak agar mau mengonsumsi ikan. “Ikan bisa diolah dengan beraneka ragam sesuai keinginan anak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut juga dilakukan agar anak gemar makan ikan yang manjadi sumber gizi dan protein tinggi. “Ikan salah satu asupan makanan yang juga memengaruhi kecerdasan anak, karenanya anak-anak harus gemar makan ikan yah,” imbau Yeti kepada siswa SDN Tanah Tinggi 1.(bono)

Continue Reading

Kota Tangerang

Intip Pembangunan Jembatan Taman Cibodas

Published

on

TANGERANG, MO – Dinas PUPR saat ini sedang gencar-gencarnya membangun dan memperbaiki jembatan yang ada di Kota Tangerang. Salah satu yang sedang dikerjakan yakni Jembatan Taman Cibodas yang berlokasi di belakang Supermarket Tip Top.

Kepala Bidang Tata Air, Dinas PUPR Kota Tangerang Fakri Wahyudi, mengatakan, adanya Jembatan Taman Cibodas ini diharapkan mampu menimalisir banjir di wilayah tersebut.

“Pembangunan jembatan ini dibuat agak tinggi agar tidak terendam dan menjadi penghalang aliran air saat curah hujan tinggi,” katanya, Kamis (21/11/3019).

Pria yang akrab disapa Yudi ini, mengungkapkan, jembatan ini membentang sepanjang 14 meter dengan lebar 7,76 meter dengan jenis konstruksi bangunan atas berupa Voided Slab dan jenis pondasinya adalah borepile.

“Hingga sejauh ini progres fisik jembatan ini sudah lebih dari 50 persen. Saat ini, kami telah menyelesaikan pengecoran, kami harap Desember 2019 konstruksi jembatan selesai dan bisa digunakan masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga berharap masyarakat mendukung program-program Pemkot Tangerang untuk menjadikan Kota Tangerang sebagai Kota Layak Huni dan semakin dicintai warganya.(bono)

Continue Reading

Kota Tangerang

Wali Kota Apresiasi Keguyuban Warga Karawaci

Published

on

TANGERANG, MO – Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah menghadiri acara Maulid Akbar Kecamatan Karawaci yang diikuti tak kurang dari 1.000 peserta dari berbagai kelompok masyarakat.

Acara yang mengusung tema “Meneladani Akhlak Rasulullah SAW Dalam Bingkai Ukhuwah Menuju Masyarakat Karawaci Yang Berakhlakul Karimah” ini berlangsung di halaman kantor Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, Rabu (20/11) malam.

Arief menjabarkan kebersamaan dan kekompakan warga Karawaci dibuktikan dengan berkumpulnya jamaah dari berbagai elemen masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam momen peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Seragam boleh beda tapi tujuannya sama, yaitu untuk bersama – sama membangun Kota Tangerang,” tutur Arief dalam acara yangjuga dihadiri ketua MUI Kota Tangerang KH. Edi Djunaidi Nawawi, Camat Karawaci Tihar Sopian, serta sejumlah tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Wali Kota juga mengapresiasi keikutsertaan 24 organisasi masyarakat dan kepemudaan yang memadati halaman kantor Kecamatan Karawaci.

“Rasanya ini momen yang langka, berbagai organisasi berkumpul untuk sama – sama bershalawat,” ungkapnya.

Menghadapi era globalisasi, Wali Kota juga berpesan agar masyarakat tetap memiliki guru sebagai pembimbing di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat sebagai salah catu cara pencegahan masuknya paham radikalisme.

“Keberadaan guru sebagai pembimbing tetap penting walaupun teknologi sudah berkembang pesat” pungkasnya.(bono)

Continue Reading

Trending