Bappeda Jaring Informasi Lewat Pra Musrenbang Forum Anak

0
177

TANGSEL, MO – Menjelang pergantian tahun, beberapa OPD melakukan persiapan musrenbang yang biasanya akan langsung dilaksanakan pada awal tahun. Salah satu yang melaksanakannya adalah Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Dengan membuka persiapan yang dilakukan Bappeda pun, adalah pra musrenbang forum anak.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelasakan bahwa kegiatan pra musrenbang forum anak ini akan memberikan acuan musrenbang yang sesungguhnya. Atau menjadi tolak ukur pelaksanaan musrenbang yang ada di Kota Tangsel di tahun 2020 mendatang.

Dalam pra musrenbang itu, diketahui ada beberapa pembahasan. Salah satunya usul soal area anak di setiap tempat pelayanan publik. Sehingga dirinya akan memasukkan ke dalam usulan di musrenbang di tahun yang akan datang.

“Ini salah satu manfaatnya. Yaitu mengarahkan musrenbang nantinya. Usulan apa yang akan dilakukan dalam proses musrenbang. Sehingga lebih kondusif lagi prosesnya,” ujar Benyamin.

Dengan pra musrenbang ini, pihaknya mengetahui keinginan apa yang ingin diutarakan oleh anak-anak Tangsel ini, dikarenakan mereka punya hak untuk menyampaikan usulan mereka dalam musrenbang. “Ternyata bagi sebagian anak mereka meminta sarana prasarana anak di ruang public, dan pemberlakukan perda rokok sehingga tidak adalagi masyarakat yang merokok di area public dan tempat-tempat tertentu,”katanya.

Sementara Kepala Bidang Ekonomi Sosial Masyarakat Bappeda Tangsel Yahya Sutaemi mejelaskan pra musrenbang ini adalah langkah awal untuk menerima usulan pada musrenbang yang akan diberikan.

“Jadi dihadiri oleh forum anak yang mewakili masyarakat. Ada juga OPD terkait. Jadi nantinya mereka tidak kaget saat menerima usulan pada saat musrenbang,” kata dia.

Ditambahkan bahwa kegiatan ini akan terus berjalan sampai setiap elemen masyarakat bisa terwakilkan usulannya.(BR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here