Connect with us

general

Asosiasi UMKM Tanggapi Wacana Presiden Turunkan Pajak UMKM

Published

on

Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) memperkirakan tidak akan banyak terjadi perubahan terhadap kondisi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terkait wacana penurunan pajak bagi UMKM menjadi 0,5 persen.
“Penurunan pajak UMKM menjadi 0,5 persen tidak berdampak apa-apa terhadap pertumbuhan dan juga ketahanan dari UMKM, hanya menurunkan biaya pajak,” terang Ketua Umum Akumindo, Ikhsan Ingratubun, , Rabu (7/3/2018).

Menurut Ikhsan, jika ingin mendapatkan capaian kepada pertumbuhan UMKM yang jumlahnya lebih kurang 60 juta, maka dibutuhkan badan khusus atau Menteri UMKM agar bisa fokus pembinaan terhadap UMKM.
Sebab, selama ini, menurutnya terlalu banyak lembaga atau badan dari pemerintah yang juga mengurusi bidang UMKM, sehingga dimungkinkan akan berdampak tidak fokusnya pembinaan para pelaku UMKM.
“Pembentukan badan atau kementerian khusus itu supaya pemerintah fokus dalam mengurusi UMKM di Indonesia. Minimal keberpihakan kepada UMKM bisa bertambah lagi,” kata Ikhsan.

Ia menilai, penurunan pajak bukanlah hal substansial dalam membangun industri UMKM.
“Pajak hanya setiap tahun saja. Sedangkan per hari-hari aktivitas bisnis butuh permodalan yang cepat. Dulu ada KUD yang terutama pengusaha mikro dapat dengan mudah mendapatkan modal usaha. Ini faktor yang sangat penting dalam menunjang pertumbuhan ekonomi lewat pembinaan UMKM,” katanya.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkomitmen akan menurunkan tarif Pajak Penghasilan (PPh) Final bagi UKM yang beromzet di bawah Rp 4,8 miliar dari 1 persen menjadi 0,5 persen. Penurunan tersebut dijanjikan terlaksana pada akhir Maret ini

 

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

general

Rayakan Hari Konsumen Nasional, WMS Ajak Kaka Hibur Pelanggan

Published

on

Sejumlah konsumen PT WMS befoto bersama maskot Asian Games 2018, Kaka.

JAKARTA, MO – Kemeriahan Asian Games 2018 masih nampak di sejumlah tempat kendati perhelatannya telah usai. Tema pesta olahraga terbesar se-Asia ini diusung distributor utama motor Honda Jakarta-Tangerang, PT Wahana Makmur Sejati (WMS) di Hari Konsumen Nasional, Selasa, (4/9/2018).

Momen spesial bagi pelanggan ini digunakan PT WMS untuk memberikan kejutan sekaligus mengapresiasi kepercayaan mereka terhadap Honda dan Wahana. Uniknya, tidak hanya sekedar memberikan hadiah, konsumen juga ikut diajak menari dengan iringan lagu tema Asian Games 2018.

Sejumlah pegawai di hari itu juga mengenakan kostum olahraga. Tidak ketinggalan, salah satu maskot Asian Games 2018, Kaka hadir menghibur pelanggan.

“Terimakasih kepada konsumen atas kepercayaannya. Di Hari Konsumen Nasional ini, kita berkomitmen meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan,” papar Group Head of Corporate Communication Wahana, Taryudin.

Setelah diajak untuk menari dengan lagu tema Asian Games, tim sales Wahana mencari lima konsumen yang semangat lakukan games ini. Kelima konsumen tersebut kemudian diberi hadiah hiburan yang telah disiapkan.

Pemasangan boneka besar ikon Asian Games ikut jadi daya tarik sendiri bagi konsumen yang service di Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Wahana Gunung Sahari. Itulah sebabnya, diadakan juga kontes foto selfie instagram.

Kegiatan ini juga dilakuakan serentak di beberapa cabang Wahana yang tersebar di Jakarta dan Tangerang.

“Kepercayaan dan kepuasan konsumen adalah kunci Wahana dan Honda untuk pertahankan kualitas layanan. Dengan apresiasi kecil ini kami berharap dapat berikan kejutan menarik bagi konsumen,” tutup Taryudin. (FI)

Continue Reading

general

Peroleh 28 Suara, Bung Uis Menang Musda KNPI Kota Tangerang

Published

on

Uis menerima bendera kebesaran KNPI dari ketua SC Musda 2018 DPC KNPI Kota Tangerang, Gilang Sumiarsa, Sabtu (1/9/2018).

Kepengurusan Segera Disusun

CILOTO, MO – Uis Adi Darmawan resmi terpilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang periode 2018-2021. Sejumlah tugas menanti diselesaikan calon ketua terpilih periode tersebut.

Hasil Musyawarah Daerah (Musda) DPC KNPI Kota Tangerang 2018 di Hotel Bukit Indah, Ciloto, Cianjur, Jawa Barat, Jumat-Sabtu (31/8-1/9/2018) memenangkan Uis Adi Darmawan. Bung Uis, begitu ia akrab disapa, mengantongi 28 suara perwakilan peserta Musda.

Uis mengungguli dua calon ketua lainnya, yakni Apit dan Faridal Arkam dalam dua putaran. Unggul di putaran pertama dengan 22 suara, ia melaju melaju di putaran kedua melawan Faridal yang mengantongi 21 suara. Sementara Apit tersingkir di putaran awal dengan 6 suara.

Penetapan Bung Uis sebagai ketua terpilih menandakan peralihan kepemimpinan organisasi kepemudaan tersebut. Uis beserta 6 formatur lainnya ditugaskan segera menyusun kepengurusan masa bakti 2018-2021.

Ketua Steering Commite (SC) Musda tersebut, Gilang Sumiarsa menerangkan, penyusunan kepengurusan tersebut sepenuhnya merupakan hak formatur.

“Ketua terpilih sebagai ketua formatur mulai menjalankan tugasnya usai ditetapkan. Tugas ini diselesaikan selambat-lambatnya dua minggu atau 14 hari terhitung sejak formatur ditetapkan,” terang Gilang.

Sementara ketua terpilih, Bung Uis, mengaku bakal segera merumuskan kepengurusan periode kepemimpinannya. Dia juga mengatakan bakal melakukan sinkronisasi dengan pengurus sebelumnya guna mematangkan sejumlah program kerja.

“Alhamdulillah Musda berjalan kondusif, saya mengucapkan terimakasih kepada semua peserta. Setelah ini saya langsung mulai rumuskan ini (kepengurusan). Saya dan tim juga akan melakukan sinkronisasi,” pungkasnya. (FI)

Continue Reading

Kota Tangerang

Musda KNPI Kota Tangerang 2018 Harus Bersih Dari Intervensi Kekuasaan

Published

on

Ibnu Jandi (net).

Walikota Tangerang Jangan Dihasut

TANGERANG, MO – Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang Tahun 2018 harus bersih dari intervensi kekuasaan. Marwah KNPI sebagai wadah berkumpulnya Organisasi Kepemudaan (OKP) mesti dijaga semua pihak.

KNPI adalah organisasi kader kepemudaan. Jangan menghasut Walikota Tangerang. Silahkan bermusda secara fair play, beretika dan santun

KNPI harus independen dan KNPI harus kembali kepada kehormatan yang mampu memposisikan diri sebagai pemuda harapan bangsa dan KNPI adalah sebagai mitra kritis pemerintah yang konstruktif.

Pengurus KNPI Kota Tangerang jangan cengeng, Jadi pengurus KNPI jangan ‘genit’ dan ‘ganjen’ yang ingin selalu dekat dengan penguasa daerah, dan cara seperti itu adalah salah. KNPI adalah mitra kerja kepala daerah dan mitra Kerja Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah).

KNPI Kota Tangerang harus mampu tampil menunjukan jati dirinya. KNPI harus mampu mengawal dan mengamankan program Pemerintah Daerah Kota Tangerang.

Pilihlah kader pemuda yang kreatif, mandiri, inovatif dan multi inisiatif. Patuhi dasar hukum Kepemudaan, Patuhi AD/ART KNPI, Patuhi PO KNPI.

Politik KNPI adalah poltik kebangsaan, kenegaraan. Politik yang mampu membangun daerahnya, yang mampu mengangkat kearifan lokal dan stabilitas politik daerah, bukan politik praktis.

Artinya KNPI jangan dibawa kedalam arena politik praktis.

IBNU JANDI*

*Penulis adalah tokoh masyarakat Kota Tangerang, Direktur LSM Kebijakan Publik Tangerang, Ketua KNPI Kota Tangerang tahun 2001.

Continue Reading

Trending