Connect with us

Kota Tangerang

Arief Lirik Aplikasi E Library Untuk Kembangkan Perpustakaan Daerah

Published

on

Wali Kota Tangerang memberikan keteranga kepada wartawan, Jumat (16/11/2018).

TANGERANG, MO – Belum maksimalnya pengelolaan perpustakaan di Kota Tangerang mendapat sorotan dari wakil rakyat. Dewan merekomendasikan Pemerintah Kota (Pemkot) fokus mengelola perpustakaan agar minat baca masyarakat meningkat.

Ketua Pansus 2 pembuatan Raperda Penyelenggaraan Perpustakaan, Amarno mengatakan, belum adanya skala prioritas pada pengelolaan perpustakaan di Kota Tangerang membuat minat baca warga memprihatinkan. Untuk itu perlu adanya pemberdayaan perpustakaan sebagai upaya peningkatan kecerdasan masyarakat. Amarno menjelaskan di Kota Tangerang perlu ditumbuhkan budaya gemar membaca guna pengembangan pemberdayaan perpustakaan sebagai sumber informasi, edukasi, teknologi, penelitian, pelestarian budaya dan rekreasi.

“Kami merekomendasikan kepada Pemkot untuk merevitalisasi, penguatan, pengembangan atau membangun perpustakaan baru yang lebih representatif,” ujarnya.

Adapun maksud perpustakaan yang representatif, Sambung Amarno, adalah yang memiliki persyaratan umum dan khusus. Antara lain letaknya yang tersebar mulai dari tingkat kota hingga ke tingkat Rukun Warga.

“Koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan harus sesuai dengan kebudayaan daerah. Pemerintah juga harus melakukan pengembangan berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Dan memperbanyak perpustakaan keliling untuk menjangkau masyarakat,” tambahnya.

Selain itu, guna memperkaya koleksi perpustakaan legislatif juga meminta masyarakat yang memiliki naskah kuno untuk menyerahkan kepada Badan Pengelola Arsip dan Perpustakaan Daerah.

“Perpustakaan daerah juga harus membangun kerjasama dengan pemerintah pusat. Pemda lain, maupun lembaga pendidikan, dunia usaha. Perpustakaan daerah juga dapat dipimpin oleh pustakawan,” imbuhnya.

“Pemerintah harus memiliki tenaga pustakawan dan tenaga teknis yang memahami masalah perpustakaan,” tambahnya.

Walikota Tangerang Arief R Wismansyah mengaku, berdasarkan kegiatan public service yang diikuti oleh Pemkot Tangerang, Badan Perpustakaan Nasional telah memiliki aplikasi pengelolaan perpustakaan yang bernama e library. Aplikasi tersebut terkoneksi dengan perpustakaan internasional.

“Saya telah meminta Diskominfo untuk menjajaki sehingga nantinya ada didalam aplikasi kita (Tangerang Live-red). Sehingga, jika nanti masyarakat mencari literasi itu bisa menjadi referensi,” ujarnya.

Arief mengaku saat ini tengah mempersiapkan perjanjian kerjasama dengan Badan Perpustakaan Nasional.

“Semakin cepat semakin baik. Informasi terakhir yang saya dapat seperti itu,” pungkasnya. (agr)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kota Tangerang

Tingkatkan Kualitas APIP, Inspektorat Gelar Sosialisasi Peraturan Perundangan

Published

on

TANGERANG, MO – Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin hadir sekaligus membuka acara Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan di Lingkungan Inspektorat, yang digelar oleh Inspektorat Kota Tangerang di Aula Kantor Inspektorat, Rabu (21/11).

Dalam Sosialisasi tersebut, Wakil Wali Kota Tangerang menegaskan bahwa keberadaan Inspektorat diposisikan sebagai pencegahan tindak pidana korupsi.

“Inspektorat sebagai garda terdepan dalam pencegahan tindak pidana korupsi , untuk itu setiap pegawai yang ada didalamnya harus mengerti aturan yang terus diperbaharui dan meningkatkan kualitasnya sebagai pemeriksa,” jelas Sachrudin.

Sementara itu, Inspektur Kota Tangerang Dadi Budaeri turut menambahkan bahwasannya acara yang dselenggarakan dalam satu hari ini diharapkan dapat menambahkan wawasan terkait dengan peran dan fungsi Inspektorat.

“Sesuai dengan amanat Presiden Republik Indonesia mengenai Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) harus dilakukan penguatan dibeberapa sektor,”

“Seperti kapasitas dan kopetensi sumber daya manusianya (SDM), jumlah SDM dan kecukupan anggaran,” tandas Dadi.(bono)

Continue Reading

Kota Tangerang

SDN Tanah Tinggi 1 Peringati Hari Ikan Nasional

Published

on

TANGERANG, MO – Ada pemandangan tak biasa di SDN Tanah Tinggi I, Kecamatan Batuceper, Kota Tangerang pada Kamis (21/11/2019). Khusus hari ini pihak sekolah meminta siswa untuk membawa bekal serba olahan ikan.

Hal tersebut ternyata dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional yang jatuh pada 21 November. “Setiap hari anak-anak membawa bekal dari rumah, hanya khususnya hari ini menunya ikan sesuai dengan hari ikan nasional,” kata Kepala sekolah SDN Tanah Tinggi 1, Yeti Sulistyawati, Kamis (21/11/2019).

Kata Yeti, tujuan diperingatinya Hari Ikan Nasional untuk memberikan pembelajaran terhadap anak agar mau mengonsumsi ikan. “Ikan bisa diolah dengan beraneka ragam sesuai keinginan anak,” ungkapnya.

Lebih lanjut, kegiatan tersebut juga dilakukan agar anak gemar makan ikan yang manjadi sumber gizi dan protein tinggi. “Ikan salah satu asupan makanan yang juga memengaruhi kecerdasan anak, karenanya anak-anak harus gemar makan ikan yah,” imbau Yeti kepada siswa SDN Tanah Tinggi 1.(bono)

Continue Reading

Kota Tangerang

Intip Pembangunan Jembatan Taman Cibodas

Published

on

TANGERANG, MO – Dinas PUPR saat ini sedang gencar-gencarnya membangun dan memperbaiki jembatan yang ada di Kota Tangerang. Salah satu yang sedang dikerjakan yakni Jembatan Taman Cibodas yang berlokasi di belakang Supermarket Tip Top.

Kepala Bidang Tata Air, Dinas PUPR Kota Tangerang Fakri Wahyudi, mengatakan, adanya Jembatan Taman Cibodas ini diharapkan mampu menimalisir banjir di wilayah tersebut.

“Pembangunan jembatan ini dibuat agak tinggi agar tidak terendam dan menjadi penghalang aliran air saat curah hujan tinggi,” katanya, Kamis (21/11/3019).

Pria yang akrab disapa Yudi ini, mengungkapkan, jembatan ini membentang sepanjang 14 meter dengan lebar 7,76 meter dengan jenis konstruksi bangunan atas berupa Voided Slab dan jenis pondasinya adalah borepile.

“Hingga sejauh ini progres fisik jembatan ini sudah lebih dari 50 persen. Saat ini, kami telah menyelesaikan pengecoran, kami harap Desember 2019 konstruksi jembatan selesai dan bisa digunakan masyarakat,” ungkapnya.

Ia juga berharap masyarakat mendukung program-program Pemkot Tangerang untuk menjadikan Kota Tangerang sebagai Kota Layak Huni dan semakin dicintai warganya.(bono)

Continue Reading

Trending