Angka Pengangguran di Kota Tangerang Terus Ditekan

0
559

Cetak Wirausaha Muda Hingga BLK

TANGERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memiliki solusi yang paling tepat dengan program entrepreneurship atau membuatkan program kewirausahaan untuk masyarakat. Entrepreneurship juga dimaksudkan untuk mendorong masyarakat berdaya saing dan memiliki kemandirian, terlebih dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

“Pemkot Tangerang akan fokus pada program entrepreneurship untuk mengatasi persoalan pengangguran. Nanti di sekolah akan diberikan materi kewirausahaan, tapi sifatnya lebih pada workhsop, karena harus lebih aplikatif. Makanya, kami kembangkan sekolah kejuruan dan Balai Latihan Kerja (BLK) sehingga kalau tidak bisa bekerja, bisa buka usaha sendiri,” ujar Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah beberapa waktu lalu.

Sejumlah usaha yang telah dilakukan pihak pemkot dalam memberantas masalah pengangguran di Kota Tangerang antara lain menyediakan aplikasi Tangerang LIVE ‘Siap Kerja’. Dengan aplikasi tersebut, para pengangguran bisa mendapatkan informasi tentang lowongan kerja di Kota Tangerang. Aplikasi ini juga didukung dengan kolom jenis pekerjaan bagi para pelamar.

Belum lama ini Pemkot Tangerang juga menggandeng Badan Pusat Statistik (BPS). Walikota, H. Arief Wismansyah menginginkan data yang tersaji secara cepat dan akurat agar pelayanan pada masyarakat bisa tepat sasaran.

“Saya maunya real time, misalnya angka pengangguran di Kota Tangerang sekian jumlahnya. Saya maunya detail dari siapa namanya, di mana lokasinya. Jadi kita tau apa yang harus kita lakukan,” ucap Wali Kota.

Wali Kota berharap dengan kelengkapan data yang dimiliki, Pemkot dapat lebih siap dan mampu mengatasi permasalahan sosial di masa depan.

Mau Ikut BLK? Mudah Kok..

Cukup membawa Ijazah, KTP dan KK saja, anda sudah bisa menjadi peserta di Balai Latihan Kerja (BLK). Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang memberikan fasilitas bagi masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilan dan membuka peluang usaha untuk mengikuti pelatihan BLK.

Pemkot Tangerang hingga akhir tahun 2018 sudah memiliki empat BLK yang berlokasi di Kecamatan Cibodas, Larangan, Benda dan di Tangerang. Setiap BLK memiliki jenis pelatihan yang beragam dan bisa disesuaikan dengan keterampilan warga.

Dijelaskan Kepala UPTD BLK Kota Tangerang, Deden Suliana, pelatihan yang terdapat di BLK seperti menjahit, montir, komputer, perhotelan, satpam hingga las. Di mana setiap peserta dapat mengikuti pelatihan selama satu bulan mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.”Pelatihan di BLK tanpa dipungut biaya. Ini jadi bagian upaya Pemkot Tangerang untuk mengatasi pengangguran dan memberikan peluang usaha warga,” jelasnya, Kamis (25/04).

Tambah Deden, bagi masyarakat yang tidak sempat datang ke UPTD BLK, juga bisa mendaftar melalui sistem online melalui siperjakatangerangkota.org.  (ADV)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here