Connect with us

Ragam META

Air Panas Atau Air Dingin, Pilih Mana untuk Basuh Tangan?

Published

on

Ilustrasi/bbs/istimewa

R AGAM,MO-Mencuci tangan untuk menjaga kebersihan adalah langkah awal yang harus dilakukan untuk mencegah bakteri masuk kedalam pencernaan kita. Di sisi lain, setiap orang memiliki cara berbeda saat mencuci tangan.

Sebuah penelitian mengungkapkan kebenaran mengenai mencuci tangan. Peneliti menguji 21 relawan selama enam bulan. Relawan tersebut, dikutip dari berbagai sumber, diminta untuk mencuci tangannya yang terkena bakteri tidak berbahaya selama 10 detik.

Hasilnya ditemukan fakta, ternyata air panas tidak lebih baik dari air dingin dalam hal membersihkan bakteri di tangan. Artinya, mencuci tangan dengan air panas atau air dingin, bakteri yang dihilangkan jumlahnya sama saja. Selain itu, sabun antibakteri juga tidak lebih baik dibanding sabun biasa.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa suhu air tidak bermasalah untuk mencuci tangan. Semuanya tergantung dari kenyamanan orang yang mencuci tangan. Tapi satu hal yang perlu dicatat, mencuci tangan dengan air dingin mungkin bisa menghemat energi,” jelas Profesor Donald Schaffner, seorang ilmuwan makanan.

Ada hal yang lebih penting dibandingkan suhu air untuk mencuci tangan, karena air panas tidak langsung mematikan bakteri. Hal penting tersebut, dikatakan peneliti, adalah orang harus memastikan mereka mencuci tangan sebelum menyiapkan makanan, setelah menggunakan toilet, dan sehabis bepergian.

Namun para ahli di Inggris memperingatkan tentang hal ini, sebab ada beberapa deterjen tertentu yang bisa bekerja lebih baik bila menggunakan air panas.

Peneliti mengatakan diperlukan penelitian lebih mendalam mengenai penggunaan sabun antibakteri untuk efektivitas mencuci tangan. Harus dipahami berapa banyak sabun yang harus digunakan dan jenis sabun apa yang bisa menghilangkan mikroba berbahaya.(berbagai sumber)

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Ekonomi

Dorong Pemuda Wirausaha, Wasiat Jakarta Gelar Pelatihan

Published

on

Yayasan Wasiat Tabah Jakarta bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), menggelar Pelatihan Wirausaha Muda To Be Miliarder di Hotel Cosmo Amaroossa, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (24/12/2018).

JAKARTA, MO – Jangan menunggu tua untuk menjadi miliarder. Ungkapan tersebut dikatakan Kepala Bidang Organisasi Kepemudaan Kemenpora RI, Abdullah Masud di hadapan puluhan pemuda peserta Pelatihan Wirausaha Muda To Be Miliarder di Hotel Cosmo Amaroossa, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (24/12/2018).

Keterampilan wirausaha, dikatakan Masud mesti dimulai sejak muda. Alasannya, sebut Masud, generasi muda memiliki semangat dan kemauan yang tinggi.

“Generasi muda dengan semangat dan kemauannya yang tinggi diyakini dapat hidup mandiri, bahkan mampu membantu negara dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar Masud.

Pelatihan yang digagas Yayasan Wasiat Tabah Jakarta itu menyasar anak-anak muda yang akan maupun yang sudah memulai atau merintis bisnis. Ketua Umum IKBAL TABAH, Moh. Nur Huda mengatakan, pihaknya ingin kegiatan ini melahirkan wirausahawan muda yang mampu menciptakan dan mengembangkan peluang usaha.

“Diharapkan anak-anak muda dapat menjawab tantangan revolusi industri 4.0 dengan semangat berkarya dan berinovasi,” tutur Huda yang juga menjabat Pembina Wasiat Jakarta saat membuka acara tersebut.

Sementara itu, Ketua Yayasan Wasiat Tabah Jakarta, Ahmad Nidhomuddin mengungkapkan, pelatihan selama tiga hari (23-25 Desember) tersebut menghadirkan banyak narasumber handal di bidang kewirausahaan. Mereka, sebutnya, adalah pelaku usaha yang dinilai sukses berwirausaha.

Sejumlah narasumber yang hadir antara lain, mentor dan motivator muda, Abay; pengusaha muda pendiri Soto Cak Bukhin yang juga pengurus DPP JAPNAS (Jaringan Pengusaha Nasional), Masbukhin Pradana; pakar internet marketing Dimas Gema Prayoga, serta perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tangerang Selatan.

“Tak hanya narasumber yang berkompeten saja, tapi kita juga memberikan informasi akses pendanaan bagi wirausahawan yang ada di instansi pemerintahan maupun swasta,” tukas Nidhom.

Untuk diketahui, Yayasan Wasiat Tabah Jakarta adalah lembaga nirlaba di bidang kajian dan pengembangan kepemudaan. Kegiatan yang dilakukan seperti diskusi rutin, penelitian, pelatihan kepemimpinan pemuda, pengembangan kewirausahaan, serta kegiatan keagamaan. (fi)

 

Continue Reading

Komunitas

Disbudpar Tampilkan Tari Lenggang Cisadane di Yogyakarta

Published

on

Sejumlah penari Sanggar Cipta Art binaan Disbudpar Kota Tangerang tampil di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, Senin (23/12/2018)

YOGYAKARTA, MO – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang ikut meramaikan acara penggalangan dana untuk yayasan pembina anak tuna grahita di Yogyakarta. Acara itu diselenggarakan Nuansa KMP Psikologi UGM di Concert Hall Taman Budaya Yogyakarta, Senin (23/12/2018)

Mengusung tema ‘Payung Pelangi’,
acara tersebut dimeriahkan sejumlah seni pertunjukan. Beberapa di antaranya yakni, Operet Anak Inklusi, Papermoon Puppet Theater, serta Komunitas Seni Pertunjukkan Anak-anak.

Disbudpar Kota Tangerang ikut memeriahkan acara ini sebagai tamu kehormatan.

“Kami sangat mendukung kegiatan ini. Selain menampilkan seni teater, operet dan seni tari, acara ini juga bersifat kemanusiaan karena seluruh tiket terjual disumbangkan ke panti asuhan Bina Siwi,” imbuh Tasman Sonjaya, plt Kabid Kebudayaan Disbudpar Kota Tangerang.

Dalam kesempatan ini, Disbudpar Kota Tangerang menampilkan Tari Lenggang Nyai yang dibawakan oleh Sanggar Cipta Art Binaan Disbudpar Kota Tangerang. Disbudpar, kata Tasman, bakal berupaya mendukung kegiatan kebudayaan di luar kota dengan turut serta menghadirkan Tari Daerah Indonesia. (fi)

Continue Reading

Ekonomi

Awal Desember Garuda Buka Rute Bandung-Singapura

Published

on

metaonline.id
Garuda Indonesia. (dok)
TANGERANG, MO – Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia bakal membuka rute baru 2 Desember mendatang. Rute Bandung – Singapura pp bakal beroperasi sebanyak 4 kali seminggu (Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu) dengan armada B737-800NG.

Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah mengungkapkan, pembukaan rute Bandung-Singapura pp tersebut merupakan bagian dari komitmen Garuda Indonesia dalam mendukung pengembangan potensi pariwisata dan perekonomian Kota Bandung yang juga turut dikenal sebagai salah satu kota pendidikan terkemuka di Indonesia.

Layanan penerbangan ini, lanjutnya, dikharapkan mempermudah akses para wisatawan internasional menuju sejumlah destinasi wisata Bandung.
“Kami optimistis dibukanya layanan penerbangan ini dapat memaksimalkan potensi kunjungan wisatawan Bandung di tahun-tahun mendatang” jelas Pikri, Selasa (13/11/2018).

Pikri menambahkan, pengoperasian penerbangan Bandung-Singapura juga merupakan upaya Garuda Indonesia untuk terus meningkatkan konektivitas antarkota dan wilayah dengan potensi pariwisata dan perekonomian yang menjanjikan di Bandung.

“Dengan jumlah kunjungan wisatawan asing ke Bandung yang diperkirakan mencapai lebih dari 170 ribu wisatawan di tahun 2017 lalu, dioperasikannya rute Bandung – Singapura pp ini kami harapkan dapat menyediakan pilihan ragam penerbangan melalui akses langsung penerbangan dari Singapura yang dikenal sebagai salah satu pusat perekonomian di Asia Tenggara”. Tutup Pikri
 
Rute penerbangan Bandung – Singapura akan diberangkatan dari Bandar Udara Internasional Husein Sastra  setiap hari Senin, Rabu Jumat dan Minggu  melalui penerbangan GA  844 pada pukul 12.50 Local Time dan akan tiba di Singapura pada pukul 15.55 Local Time. Adapun penerbangan Singapura – Bandung akan berangkat dari Bandara Internasional Changi Singapura melalui penerbangan GA 845 pada pukul 11.00 dan akan tiba di Bandung pada pukul 12.00 Local Time. (fi)

Continue Reading

Trending