Connect with us

general

20 OKP Rekomendasikan KNPI Dipimpin Kader Muda

Published

on

Dua OKP dukung DPD KNPI Kota Tangerang dipimpin tokoh muda berusia di bawah 30 tahun.

Tokoh Muda Berusia di Bawah 30 Tahun Disebut Sesuai Amanat UU dan Perda

KOTA TANGERANG, MO – Sebanyak 20 organisasi kepemudaan (OKP) sepakat merekomendasikan Dewan Pimpinam Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang dipimpin oleh tokoh muda berkualitas dibawah usia 30 tahun. Dua di antaranya menyebut rekomendasi itu sesuai Amanat Undang-undang (UU) dan Peraturan Daerah (Perda).

Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Kota Tangerang sependapat terkait rekomendasi yang dinilai sesuai Amanat UU serta Perda tersebut.

Ketua IPNU Kota Tangerang, Firdaus mengatakan, pendapat pihaknya merujuk pada Amanat Undang-undang (UU) Nomor 40/2009 tentang Kepemudaan. Amanat yang tersurat dalam Bab I, Pasal 1 itu menyebutkan, pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai 30 tahun.

“Kami dari KBNU khususnya IPNU sangat mendorong calon Ketua KNPI yang memang menjadi representatif dari pemuda sesuai dengan Undang Undang Kepemudaan. Musda (Musyawarah Daerah) menjadi ajang kontestasi untuk menentukan kepemimpinan selanjutnya. Kami berharap tidak ada intervensi dari pihak manapun apalagi pemerintah,” tegasnya, Rabu (8/8/2018).

Firdaus berharap pada Musda KNPI yang akan digelar 31 Agustus 2018 mendatang muncul kader potensial dari kalangan pemuda yang sesuai dengan UU dan Perda. Dia menambahkan, upaya pembangunan oleh pemuda membutuhkan wadah penyaluran. Salah satu wadah, sebut dia, adalah KNPI.

“Maka mari kita kembalikan KNPI Kota Tangerang kepada khittah-nya yaitu pemuda. Kami sebagai organisasi kepemudaan tetap berpegang pada payung hukumnya organisasi kepemudaan dan akan mendukung calon yang memang masuk pada kriteria UU tersebut,” ungkap Firdaus.

Berdasarkan peraturan KNPI, calon ketua berumur di atas 30 tahun memang diperbolehkan. Namun Firdaus menegaskan, IPNU hanya merekomendasikan yang sesuai UU dan Perda.

Senada, Ketua DPC GMNI Kota Tangerang, Kamaludin Reynaldi menyebutkan, Amanat UU tadi dikuatkan Peraturan Daerah (Perda) Kota Tangerang Nomor 9/2016 Tentang Kepemudaan.

Jelang Musda KNPI yang akan diselenggarakan pada 31 Agustus, Kamaludin mengenaskan, pihaknya bakal ikut menyukseskan dan mengawal dengan serius. Menurutnya Musda ini adalah moment yang sakral bagi KNPI. Momen itu, sebut Kamaludin, merupakan regenerasi kepemimpinan pemuda di Kota Tangerang.

“KNPI merupakan wadah bagi para pemuda negeri ini dan sudah tentu dengan jelas tonggak kepemimpinan KNPI esok haruslah diprakarsai oleh para kaum muda. Pemuda dalam konteks ini haruslah mengacu pada Undang-Undang, dalam hal ini adalah UU nomor 40 tahun 2009 ditambah lagi dengan Perda Kota Tangerang 9/2016 tentang kepemudaan yang semakin memperkuat dan memperjelas mengenai pemuda,” beber Kamal.

Kamal juga berharap, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang ikut andil mengawasi jalannya Musda KNPI ini. Lebih lanjut, pihaknya meminta sejumlah pihak yang terlibat mematuhi serta menegakkan UU dan Perda Kepemudaan yang ada dalan prosesi Musda KNPI ini nanti.

CANDRA IRAWAN

Kota Tangerang

Musda KNPI Kota Tangerang 2018 Harus Bersih Dari Intervensi Kekuasaan

Published

on

Ibnu Jandi (net).

Walikota Tangerang Jangan Dihasut

TANGERANG, MO – Musyawarah Daerah (Musda) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang Tahun 2018 harus bersih dari intervensi kekuasaan. Marwah KNPI sebagai wadah berkumpulnya Organisasi Kepemudaan (OKP) mesti dijaga semua pihak.

KNPI adalah organisasi kader kepemudaan. Jangan menghasut Walikota Tangerang. Silahkan bermusda secara fair play, beretika dan santun

KNPI harus independen dan KNPI harus kembali kepada kehormatan yang mampu memposisikan diri sebagai pemuda harapan bangsa dan KNPI adalah sebagai mitra kritis pemerintah yang konstruktif.

Pengurus KNPI Kota Tangerang jangan cengeng, Jadi pengurus KNPI jangan ‘genit’ dan ‘ganjen’ yang ingin selalu dekat dengan penguasa daerah, dan cara seperti itu adalah salah. KNPI adalah mitra kerja kepala daerah dan mitra Kerja Muspida (Musyawarah Pimpinan Daerah).

KNPI Kota Tangerang harus mampu tampil menunjukan jati dirinya. KNPI harus mampu mengawal dan mengamankan program Pemerintah Daerah Kota Tangerang.

Pilihlah kader pemuda yang kreatif, mandiri, inovatif dan multi inisiatif. Patuhi dasar hukum Kepemudaan, Patuhi AD/ART KNPI, Patuhi PO KNPI.

Politik KNPI adalah poltik kebangsaan, kenegaraan. Politik yang mampu membangun daerahnya, yang mampu mengangkat kearifan lokal dan stabilitas politik daerah, bukan politik praktis.

Artinya KNPI jangan dibawa kedalam arena politik praktis.

IBNU JANDI*

*Penulis adalah tokoh masyarakat Kota Tangerang, Direktur LSM Kebijakan Publik Tangerang, Ketua KNPI Kota Tangerang tahun 2001.

Continue Reading

Banten Raya

Gubernur Banten Copot Spanduk Salah Cetak Bertuliskan Asean Games 2018

Published

on

Gubernur Banten Wahidin Halim bersama Satpol PP Kota Serang mencopot spanduk salah cetak bertuliskan Asean Games di kawasan Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang, Kamis (9/8/2018).

SERANG, MO – Spanduk salah cetak soal Asian Games 2018 di Kota Serang dicopot Gubernur Banten, Wahidin Halim, Kamis (9/8/2018). Aksi mencopot spanduk tersebut dilakukan Wahidin saat meninjau lokasi yang bakal dilintasi kirab obor Asian Games 2018.

Aksi tegas dilakukan Gubernur Banten, Wahidin Halim, kemarin. Gubernur yang akrab disapa WH ini mencopot spanduk promosi Asian Games berukuran besar di pintu masuk kawasan Stadion Maulana Yusuf, Jalan Ahmad Yani, Kota Serang. Ejaan yang mestinya Asian ditulis Asean pada spanduk berukuran jumbo tersebut.

Melihat spanduk salah tulis tersebut, spontan Gubernur Banten dibantu Satpol PP bergegas mencopotnya. Saat itu, WHtengah berkeliling sambil meninjau lokasi-lokasi yang akan dijadikan pawai obor Asian Games 2018.

Rencananya, Kamis (9/9/2018) ini, Banten akan dilewati oleh kirab obor Asian Games, mulai dari Kota Cilegon, sampai ke Kota Serang. Pawai tersebut rencananya bakal disambut langsung Gubernur Banten Wahidin Halim. Obor tersebut akan tinggal selama sehari di Banten. Usai itu, kirab obor Asian Games akan dilanjutkan menuju Kota Purwakarta, Jawa Barat.

UIS ADI

Continue Reading

general

Hijaber Kota Tangerang Galang Dana Korban Gempa

Published

on

Puluhan anggota hijab syar'i berkeliling menggalang bantuan di kawasan Puspem Kota Tangerang, Rabu (8/8). Bantuan berupa selimut sangat diharapkan korban bencana.

TANGERANG, MO – Gempa bumi yang mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Bali mengundang simpati masyarakat Indonesia, tak terkecuali kumpulan hijaber Kota Tangerang. Kelompok yang menamai diri sebagai Komunitas Hijab Syar’i Kota Tangerang ini menggelar aksi galang dana di sejumlah titik. Kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang dijadikan salah satu lokasi penggalangan bantuan uang dan kebutuhan lain korban bencana tersebut.

Komunitas yang telah memiliki ratusan anggota ini menggalang dana ke seluruh sudut kota Tangerang. Sebagian dari mereka turun ke jalan guna menghimpun bantuan dari masyarakat. Gerakan itu bahkan dilakukan secara spontan.

“Hari ini kami menggalang dana di Al-Azhom, ada 10 orang yang hari ini ikut berkeliling. Penggalangan dana ini telah kami buka sejak pekan lalu dan rencananya pada hari Minggu besok seluruh dana dan bantuan lainnya akan kami kirimkan langsung ke Lombok,” ujar Nia Novita Sari, Ketua Hijab Syar’i Kota Tangerang, Rabu (8/8).

Penggalangan bantuan, diterangkan Nia, digelar guna meringankan beban para korban gempa. Tidak sampai disitu beberapa anggota Hijab Syar’i Kota Tangerang secara sukarela berangkat ke Lombok untuk menjadi relawan.

“Kebetulan ada rekan kami disana (Lombok), dan kita juga ada beberapa anggota yang langsung ke sana. Dana yang terkumpul ini nantinya akan kami kirimkan,” jelas dia.

Tidak hanya bantuan berupa uang, komunitas ini juga menerima bantuan berupa selimut, pakaian bekas layak pakai dan sembako. Menurutnya, bantuan tersebut sangat dibutuhkan saat ini oleh korban gempa.

“Yang masih diperlukan selimut, jaket dan susu formula bayi. Paling urgen itu selimut sama jaket, karena disana sangat dingin sekali pada waktu malam hari, sementara para korban juga membutuhkan terpal untuk membangun posko,” ungkap dia.

Puluhan warga NTB dan Bali tewas diguncang gempa berkekuatan 7 Skala Richter pada Minggu (5/8). Ribuan lainnya dilaporkan mengalami luka-luka.

CANDRA IRAWAN

Continue Reading

Trending